PENGUMUMAN
Hari Pahlawan

Nilai Kepahlawanan Terus Digelorakan Di Kampus Hijau UNIMED

Medan – Upacara peringatan hari pahlawan tahun 2015 di kampus hijau Unimed berjalan dengan sukses dan khidmat. Seluruh pimpinan universitas tampak hadir. Semua Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Wakil Direktur, Ketua Lembaga/Unit, dosen, dan mahasiswa dilingkungan Unimed mengikuti upacara yang berlangsung di Lapangan Serbaguna Unimed, Selasa (10/11/2015).

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd bertindak sebagai inspektur upacara. Hadir pula Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, MS., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D, seluruh Dekan dan Wakil Dekan serta seluruh fungsionaris Unimed.

Prof Syawal Gultom membacakan amanat Menteri Sosial mengatakan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Peringatan hari pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Prof Syawal berpesan agar nilai-nilai kepahlawanan juga diciptakan dalam semua kegiatan akademik ‘kampus hijau’ kita. Karena kampus merupakan tempat membina calon pemimpin masa depan bangsa ini. Dia juga mengapresiasi pelaksanaan upacara yang berjalan khidmat. “Ini tidak terlepas dari pembaca kata-kata mutiara pahlawan”, katanya.

Saya berkeinginan agar semua civitas akademika Unimed yang merupakan rumah kita dalam berkarya ini dapat terus memasukkan nilai-nilai kepahlawanan dalam semua aktivitas akademik. Jika para dosen, pegawai dan mahasiswa dapat memasukkan nilai-nilai kepahlawanan tersebut pastinya akan mengguatkan komitmen diri untuk menghasilkan karya-karya inovatif yang dapat kita banggakan dikampus ini. Para dosen akan menghasilkan karya tulis dan penelitian yang terbaik, para mahasiswa prestasi akademik dan dapat memenangkan hibah nasional, serta para pegawai dapat meningkatkan pelayanan akademik yang terbaik. Cita-cita mulia ini akan kita capai apabila kita memiliki komitmen dan kebersamaan untuk meraihnya. (Humas Unimed).