PENGUMUMAN
Olimpiade Sejarah

Olimpiade Sejarah : 300 Lebih Siswa Pamerkan Sejarah Sumatera Utara Di FIS UNIMED

Medan (Unimed) – Olimpiade Sejarah yang baru pertama kali diselenggarakan di Sumatera Utara berlangsung pada 26 November 2016 di Fakultas Ilmu Sosial, yang diselenggarakan Oleh Pusat Studi Sejarah dan Ilmu ilmu Sosial (PUSSIS) Universitas Negeri Medan. Acara dibuka oleh Wakil Rektor 1 Unimed Prof. Dr. Abd. Hamid K., M.Pd. Turut hadir Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, Ketua PUSSIS Dr. Phil. Ichwan Azhari, M.Si. Ketua Jurusan Sejarah Drs. Yushar Tanjung, M.Si, para dosen jurusan sejarah dan puluhan guru-guru sejarah di SUMUT.

Olimpiade diikuti oleh 126 Tim dari 48 sekolah (SMA/SMK/MA) yang datang dari berbagai daerah kabupaten kota se-Sumatera Utara. Tiap tim terdiri dari 3 siswa sehingga seluruh siswa yang terlibat kegiatan ini berjumlah 378 orang.

olimpiade sejarah

“Sangat mengesankan bagaimana siswa tingkat SMA ini dengan penuh gairah ada yang presentase dan kebanyakan memamerkan sejarah Lokal Sumatera Utara dengan berbagai gaya. Anak anak muda inilah yang kelak akan menjadi pemimpin yang menjiwai dan menghargai sejarah daerahnya dalam bungkai sejarah nasional. Mereka diharapkan menjadi pemimpin yang mengambil inspirasi dari sejarah dalam, membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan” ujar Ichwan Azhari.

Sementara itu, Prof Abdul Hamid¬†mengatakan olimpiade ini bukan hanya mencari juara atau piala, tapi dilandasi pembangunan dari sejarah masa lalu. “Kita harus berfikir bagaimana kita kembali mengembangkan hari esok dengan mengingat sejarah masa lalu”, ucapnya.

Prof Hamid berharap kegiatan olimpiade ini menjadi motivasi bagi seluruh kalangan khususnya pelajar, untuk meningkatkan kepedulian terhadap Pendidikan Sejarah.

Pemenang Olimpiade Sejarah