PENGUMUMAN
workshop FBS

Optimalisasi Integrasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Melalui RPS

Medan – Fakultas Bahasa dan Seni (FBS Unimed) mendorong dosen untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat. Upaya ini sebenarnya sudah dilakukan dalam beberapa tahun belakangan ini. Kegiatan yang bertajuk optimalisasi integrasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam perangkat pembelajaran, dilaksanakan di lt. III ruang sidang FBS Unimed (18/12).

Dalam sambutannya, Dekan FBS, Dr. Isda Pramuniati, M.Hum mengatakan kegiatan ini dilaksanakan berangkat dari permenristekdikti No. 44 tahun 2015 pada pasal 12 dan 13 yang berkaitan dengan struktur Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan pembelajaran yang bersumber dari hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Semoga dengan adanya workshop ini menjadikan dorongan dan motivasi bagi para dosen untuk mengoptimalisasi dan integrasi penelitian dan pengabdian masyarakat melalui RPS.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd menjadi pemateri tunggal pada workshop tersebut. Turut hadir pada acara tersebut Wakil Rektor I, Wakil Rektor IV, Dekan FBS, Dekan FMIPA, Dekan FIP, Direktur Pascasarjana dan ratusan dosen FBS.

Pada paparannya, Prof. Syawal Gultom mengatakan rencana pembelajaran semester harus teringrasi dengan dunia kerja. Perguruan Tinggi harus mensinkronisasi pendidikan, pengabdian dan penelitian dengan memetakan kompetensi dan trend kompetensi masa depan yang diperlukan (dilakukan dengan survey, tracer study, dan analisys expert), mengindentifikasi seluruh penamaan profesi, pekerjaan yang ada saat ini dan memprediksi munculnya profesi atau pekerjaan baru pada masa depan, memetakan potensi dosen dan mahasiswa serta dukungan sarana dan prasarana yang ada serta peluang kerjasama dengan pihak-pihak relevan, menetapkan produk akhir yang relevan berupa publikasi (nasional, nasional berakreditasi, internasional, internasional bereputasi, buku ajar, refernsi, monograf, HaKi/Paten, dan karya seni monumental) dan menunjukkan prospek masa depan produk berdasarkan perspektif ekonomi, social budaya, antropologis dan atau kebutuhan lainnya.

“Adapun target yang harus dicapai pada tahun 2018 antara lain; kualitas lulusan meningkat melalui perbaikan materi, proses, system penilaian, dan pengelolaan pendidikan , penelitian dan pengabdian, kualitas skripsi, tesis dan disertasi meningkat melalui peningkatan kualitas 6 penugasan, kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dosen meningkat 400 untuk 2018 (67 untuk FBS), Kualitas dan kuantitas PKM meningkat (10 Besar Indoensia pada Pimnas 2018),  kualitas dan kuantitas inovasi yang dapat diabdikan kepada masyarakat meningkat, kualitas dan kuantitas perolehan penelitian dan pengabdian nasional menigkat (minimal 10 besar Indonesia)”, tegasnya.

Lanjut beliau, “strategi Unimed dalam mencapai target 2018 tersebut antara lain; menyediakan layanan “Klinik penulisan Publikasi Ilmiah” bagi dosen, menulis bersama dengan mahasiswa S2 dan S3, oleh sebab itu pembimbingan perlu diintensifkan sehingga disertasi dan tesis yang dimaksud layak publikasi, melakukan pemetaaan dan penilaian terhadap hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen dengan kategori optimis, potensial dan kerja keras, menyiapkan berbagai skema pendanaan penelitian, baik dari internal kementerian, universitas mamupun melalui kerjasama, memperbanyak langganan jurnal-jurnal nasional dan internasional yang relevan serta scara rutin melakukan pengkajian yang kritis terhadap jurnal-jurnal dimaksud yang melibatkan para ahli dan penulis-penulis produktif dari berbagai lembaga dan perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri, dan secara konsisten menerapkan perkuliahan yang berbasis paa produk 6 tugas (berbasis KKNI).”  (Humas Unimed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>