PENGUMUMAN
Mahasiswa Asing

Orientasi Kampus & Budaya Bagi Mahasiswa Asing & Permata

Medan (Unimed) – Wakil Rektor IV Unimed menggelar kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus dan Mengenal Budaya Lokal Sumatera Utara bagi Mahasiswa Asing (kuliah penuh program S1), Darmasiswa (mahasiswa asing kuliah beberapa semester) dan Permata (pertukaran mahasiswa tanah air nusantara). Kegiatan ini digelar pada senin, 26/9/2016 di ruang sidang A biro rektor Unimed. Kegiatan dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, turut hadir seluruh Wakil Rektor, Dekan, Staf Ahli Wakil Rektor IV dan 24 orang mahasiswa asing, darmasiswa dan permata.

Tujuan kegiatan ini yakni memberikan pemahaman bagi mahasiswa asing, mahasiswa darmasiswa dan mahasiswa Permata tentang mekanisme perkuliahan di Unimed dan memberikan gambaran budaya lokal di Sumatera Utara agar dalam mengikuti perkuliahan dan menjalani kehidupan selama mengikuti perkuliahan dapat dijalani dengan baik dan sukses.

Mahasiswa asing ada 3 orang asal Malaysia sedang studi S1 di Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP dan Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FIK. Mahasiswa Darmasiswa ada 5 orang asal Australia, Finlandia, Jepang, Papua Nugini dan Korea Selatan. Sedangkan mahasiswa Permata ada 16 orang yang kuliah satu semester di UNNES 6 orang, UNY 2 orang, UNESA 4 orang, UMN 2 orang dan UNG 2 orang.

Mahasiswa Luar Negeri

Prof. Syawal Gultom, dalam arahannya mengatakan, kami pimpinan dan seluruh civitas Unimed mengucapkan selamat datang di kampus hijau Unimed. Dengan rasa bangga kami menyambut baik kedatangan mahasiswa asing dan mahasiswa darmasiswa untuk study di Unimed, serta selamat kuliah di beberapa kampus terbaik bagi mahasiswa Unimed yang berhasil mengikuti Program Permata Dikti. Kegiatan orientasi kehidupan kampus dan memperkenalkan budaya lokal Sumatera Utara bagi mahasiswa asing merupakan bentuk memberikan pelayanan terbaik, agar mahasiswa asing yang studi di Unimed bisa cepat membaur hidup bersama dengan mahasiswa Unimed lainnya, serta memberikan masukan-masukan agar mahasiswa asing tidak mendapatkan kendala selama study.

Lanjut Prof. Syawal, kami siap memberikan pelayanan terbaik, jika ada kendala tentang study dan permasalahan budaya lokal segeralah berkordinasi dengan para staf di kantor wakil rektor IV. Semoga keberhasilan dan kesuksesan study agar saudara dapatkan selama kuliah di kampus hijau Unimed. Bagi mahasiswa Unimed yang akan mengikuti program Permata untuk kuliah satu semester di beberapa kampus terbaik. Selamat mengikuti perkuliahan dan berusahalah memiliki komitmen dan semangat lebih dalam mengikuti kuliah secara aktif dan berusaha secepat munkin untuk mempelajari budaya lokal daerah tujuan. Karena kita belajar dan hidup di daerah orang harus berupaya mempelajari budaya tersebut untuk mudah membaur dengan mahasiswa kampus tujuan saudara kuliah. Yakinkan diri saudara bahwa saudara pasti bisa berprestasi dan lebih kreatif untuk kuliah di kampus tujuan.

Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, dalam pengantar mengatakan, kami kantor wakil rektor IV siap membantu dan memfasilitasi semua mahasiswa asing dalam mensukseskan studi selama kuliah di Unimed. Jangan sungkan dan khawatir jika ada kendala untuk menyampaikan kepada saya, staf ahli dan para pegawai di kantor WR 4. Semoga saudara merasa nyaman dan bahagia selama studi di kampus Unimed. (Humas Unimed).