PENGUMUMAN
PAMB Unimed 2017

PAMB UNIMED 2017, Gelorakan Semangat Baru

MEDAN (Unimed) – Universitas Negeri Medan (UNIMED) menyambut mahasiswa baru semester Gasal 2017-2018 di awali dengan kegiakan Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, 15-16 agustus 2017. Tercatat 5000 mahasiswa baru Unimed ikut aktif dalam kegiatan PAMB tersebut. Dalam acara ini pimpinan universitas memberikan motivasi dan semangat baru kepada mahasiswa baru untuk lebih mempersiapkan diri agar giat dalam belajar, demi menggapai harapan dan mimpinya meraih kesuksesan hidup di Unimed. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D, para Dekan, Wakil Dekan dan seluruh fungsionaris dilingkungan Unimed.

Acara pembukaan PAMB di buka dan resmikan oleh Wakil Rektor I Unimed, didampingi seluruh pimpinan dengan memakaikan jas almamater kebanggaan mahasiswa Unimed dan penepung tawaran mahasiswa baru Unimed.

Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, mengatakan dalam sambutannya agar mahasiswa baru Unimed semester gasal 2017-2018, harus sejak awal mempersiapkan diri secara matang untuk giat belajar dan merubah cara belajar siswa di sekolah menjadi bagaimana sukses belajar di kampus Unimed. Belajar di kampus dituntut kemandirian dalam belajar. Selain itu, dituntut untuk merubah cara pandangnya terhadap segala sesuatu dalam merealisasikan diri sebagai mahasiswa yang kewajibannya memang harus belajar.

Prof. Abdul Hamid juga mengajak mahasiswa untuk memperbaiki karakter dirinya. “Tentu karakter yang dimaksud adalah karakter yang baik dalam cara bersikap, berbicara, berprilaku dan lain sebagainya”. Di awal mahasiswa baru Unimed mengawali studinya di kegiatan PAMB ini, kita kenalkan bahwa kuliah di Unimed itu perlu kesungguhan dan perjuangan, karena aktivitas kuliah nantinya akan bergelut dalam tugas-tugas yang harus dikerjakan.

PAMB Unimed 2017 2

Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. dalam arahannya juga menegaskan, pada kegiatan PAMB di Unimed sudah 4 tahun terakhir tidak ada perpeloncoan. Kegiatan PAMB kita arahkan untuk memperkenalkan sistem akademik dan memberikan pemahaman tentang apa yang harus dipersiapkan  mahasiswa baru agar bisa sukses dalam melajar di Unimed. Selain itu, pimpinan Unimed juga mengelorakan semangat baru dalam melajar dikampus, serta memperkenalkan unit kegiatan mahasiswa yang dipimpin oleh Senat Mahasiswa Unimed.

Prof Sahat berharap mahasiswa baru dapat mengikuti rangkaian acara PAMB dengan serius. Karena di acara tersebut, mahasiswa akan diberikan informasi tentang perkuliahan dan layanan yang disediakan universitas. “Jadi, bagi yang tidak memiliki sertifikat PAMB, tidak akan bisa mengajukan beasiswa”, terangnya.

Peserta PAMB tersebut tampak tersenyum dan tepuk tangan ketika Prof Sahat menyampaikan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan di Unimed. Ia juga menyarankan mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Unimed.

PAMB Unimed 2017 3

Sementara itu, Wakil Rektor IV Prof. Manihar, M.Sc., Ph.D berpesan kepada mahasiswa baru agar belajar sungguh-sungguh aga dapat lulus tepat waktu. “Jangan kecewakan orang tua kalian”, ujarnya.

Agar lulus tepat waktu, menurut Prof Manihar mahasiswa harus memiliki keterampilan membaca. “Saya hanya tidur 4 jam, sisanya membaca, bersosialisasi” katanya.

Selanjutnya yang harus dikuasai yakni keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa termasuk menulis dan mendengar. Keterampilan yang ketiga adalah keterampilan mengikuti kuliah. Pola belajar mahasiswa berbeda dengan waktu SMA. “Disini dituntut Anda memperbanyak belajar mandiri”, tambahnya

Keterampilan selanjutnya ialah mencari sumber belajar. “Disini kita punya perpustakaan akreditasi A. Hanya dengan menggunakan jari sekarang semua informasi yang kita inginkan bisa didapatkan”, pungkasnya.

PAMB ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih jauh sistem akademik di Unimed kepada mahasiswa baru, sehingga mereka nantinya dapat belajar dengan sukses. PAMB akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari pertama seluruh kegiatan berlangsung di tingkat universitas dan pada hari kedua di tingkat fakultas masing-masing.

Para mahasiswa baru terlihat sangat gembira dan dapat semangat baru. Hal tersebut terlihat dari ekspresi yang tampak, karena tidak ada yang kendur semangatnya selama mengikuti rangkaian PAMB. Semoga mahasiswa baru Unimed akan menjadi tunas baru bagi negeri ini untuk membawa kemajuan bangsa dan negara. (Humas Unimed).