PENGUMUMAN
(Im) Politeness

Peluncuran & Bedah Buku (Im) Politeness Karya Dosen UNIMED

Medan – Dua orang dosen Program Pascasarjana LTBI Unimed berhasil menulis karya ilmiah dalam bentuk buku ber-ISBN dalam Kajian (Im) Politeness. Pada hari jum’at 19 februari 2016 buku tersebut di luncurkan dan dibedah secara ilmiah oleh civitas akademika Prodi Magister LTBI Unimed. Acara yang digelar di ruang sidang A gedung Biro Rektor Unimed ini dibuka oleh Wakil Direktur II Pascasarjana Unimed, Prof. Dr. Busmin Gurning, M.Pd. Tampak sangat antusias para peserta dari mahasiswa/i S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris dan mahasiswa S2, S3 LTBI Unimed.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Busmin Gurning, M.Pd, mengatakan agar kegiatan seperti ini dapat terus kita galakkan di kampus hijau tercinta kita. Bayangkan jika banyak dosen Unimed yang menghasilkan karya tulis ilmiah dan dilakukan bedah buku bersama, pastinya ada hasil positif yang luar biasa untuk mendorong budaya akademik yang baik di S1, S2 dan S3. Kegiatan bedah buka merupakan kegiatan akademik yang harus kita galakkan. Apalagi yang kita bedah adalah karya buku dosen Unimed pula, maka hasil bedah buku tersebut akan menjadi nilai positif untuk perbaikan jika ada kelemahan. Selain kegiatan bedah buku juga akan memberikan masukan bagi peserta yang hadir bagaimana cara membaca suatu buku agar dengan cepat memahami apa isi kandungan buku yang kita baca. Tidak sedikit juga mahasiswa jika membaca suatu buku, terkadang sulit memahami apa sesungguhnya isi buku yang dibaca tersebut. Semoga kegiatan peluncuran dan bedah buku karya dosen Unimed ini akan mendorong para dosen dan mahasiswa untuk lebih berkarya yang produktif untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Ketua Prodi Magister LTBI Unimed Dr. Rahmad Husein, M.Ed. dalam sambutannya juga memotivasi mahasiswa yang hadir agar dapat melakukan penelitian dengan sebaik-baiknya agar hasil penelitian juga dapat dipublikasikan pada tahun-tahun mendatang. Senada dengan itu, Sekretaris Prodi LTBI Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S. selaku moderator mengatakan bahwa kajian (im) politeness dalam berbagai komunitas telah menarik banyak perhatian mahasiswa S2 LTBI sejak 5 tahun terakhir. Bersama dengan  Ketua Prodi LTBI, Dr. Rahmad Husein, M.Ed, beliau memberikan wadah bagi para alumni untuk menuangkan hasil karya penelitiannya dalam bentuk buku. Dr. Rahmad Husein, M.Ed. dalam sambutannya juga memotivasi mahasiswa yang hadir agar dapat melakukan penelitian dengan sebaik-baiknya agar hasil penelitian juga dapat dipublikasikan pada tahun-tahun mendatang.

Buku dengan tebal lebih dari 300 halaman tersebut disusun oleh 2 dosen UNIMED, Prof. Busmin Gurning, M.Pd dan Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S. bersama 3 mahasiswa LTBI UNIMED, Atiqah Naisyah, Eka Surya Fitriani dan Yeni Purtika Simanjuntak.

Dalam acara ini, 2 peneliti yang karyanya dituangkan dalam buku tersebut, Sofia Idawati Lubis, S.Pd., M.Hum. dan Yeni Purtika Simanjuntak, S.Pd., M.Hum. memaparkan hasil penelitian mereka untuk memberikan pemahaman yang lebih lanjut berkenaan dengan penelitian di bidang (im) politeness.

Acara ini juga menghadirkan Guru Besar bidang Linguistik Prof. Amrin Saragih, M.A., Ph.D. dan Dr. Siti Aisyah Ginting, M.Hum sebagai reviewer yang memberikan ulasan lebih komprehensif tentang aspek-aspek buku sebagai acuan untuk edisi-edisi selanjutnya. Prof. Amrin Saragih dalam paparannya menjelaskan bahwa program ini telah menunjukkan kreativitas mahasiswa sebagai langkah membangun atmosfir akademik dan kontributif pada pengembangan potensi penelitian pada bidang linguistik. Diharapkan dengan adanya program ini, publik internasional dapat menjadikan buku ini sebagai acuan dalam penelitian (im) politeness dan prodi LTBI sendiri dapat meluncurkan buku berbasis penelitian pada bidang linguistic lainnya. (Humas Unimed).