PENGUMUMAN
Pemkab Bireuen

PEMKAB Bireuen Aceh Jalin Kerjasama Dengan UNIMED

Bireuen, Aceh – Pemerintah Kabupaten Bireuen Aceh menjalin kerjasama dengan Unimed dalam meningkatkan mutu pendidikan dan peningkatan kualitas guru. Penandatanganan MoU antara Pemkab. Bireuen Provinsi Aceh dilaksanakan pada 5 April 2017 di lantai 3 Gedung Dinas Pendidikan dan Olahraga Kab. Bireuen Aceh. Langsung dihadiri oleh kedua belah pihak yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dengan Bupati Bireuen yang diwakili oleh Sekda Kab. Bireuen Ir. Zulkifli, SP.

Setelah penandatangan MoU, kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Pendidikan yang bertema “peran kepala sekolah dan penhawas sekolah dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan.” dengan pemateri tunggal Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Ketua panitia, Muhammad Nasir, dalam laporannya mengatakan kegiatan MoU ini meliputi pengembangan dan peningkatan  kualitas pendidikan, SDM, dan potensi daerah di Kab. Bireuen. Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 372 orang, yang meliputi kepala sekolah, pengawas, guru-guru dan SKPD se-Kab. Bireuen. MoU ini akan berlanjut dengan mengirimkan 70 guru di Bireuen untuk di latih di unimed.

Pemkab Bireuen 2

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam paparannya mengatakan, pendidikan bukan hanya meningkatkan pengetahuan, tetapi juga peningkatan sikap dan keterampilan. Berapa banyak orang pintar di Indonesia yang bermasalah. Itu karena prilakunya tidak sejalan dengan pengetahuannya. Oleh karena itu, prilaku dan sikap perlu ditingkatkan dengan membentuknya mulai dari sekolah. Karena hanya dengan pendidikan sikap dan prilaku bisa dibentuk. Guru bertanggung jawab atas prilaku dan sikap anak didiknya. Setelah memperbaiki prilaku dan sikap, mulailah dengan meningkatkan kreativitas anak. Bagaimana lintasanya? Mulailah melatih mengamati, bertanya (mengumpulkan informasi), dan membuatnya. Maka ke depan generasi muda berikutnya akan berpotensi mengembangkan dan meningkatkan pendidikan dengan baik.

Lanjutnya, tugas kepala sekolah dan pengawas sekolah memperbaiki pendidikan di sekolah mulai dari penataan sekolah, memperbaiki kualitas SDM guru, pengawasan sekolah, dan dievaluasi (monev).

Pemkab Bireuen 3

Salah satu guru sebagai peserta seminar, Nur Aida mengatakan dengan hadirnya Rektor Unimed sebagai pemateri membuka wawasan kami sebagai guru untuk meningkatkan kreatifitas dan karakter anak. Selama ini pendidikan di sekolah hanya terfokus pada pengetahuan dan keterampilan saja. Kami berharap agar seminar dan MoU ini bisa berlanjut dengan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas guru disekolah.

Turut hadir Rektor Unimed, WR I, WR II, WR III, WR IV, Wadek II FIK, Staf Ahli WR IV, Sekda Bireuen, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga, Sekretaris Pendidikan dan Olahraga, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Guru, Pengawas dan Kepala Sekolah se-Kab. Bireuen. (Humas Unimed)