PENGUMUMAN
Dairi _ Sidikalang

Pemkab Dairi Gandeng UNIMED Dalam Tingkat Mutu Pendidikan

Medan – Pemerintah Kabupaten Dairi resmi menggandeng Unimed dalam tingkatkan mutu pendidikan. Panandatanganan MoU secara resmi telah dilaksanakan oleh kedua belah pihak yang langsung dihadiri oleh Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos. dan Wakil Bupati Irwansyah Pasi, SH. Ketua Pengadilan Tinggi Sidikalang : Jhon Sarman Saragih, SH, M. Hum. Kasdim Dairi Mayor Hasanudin. Sedangkan dari Unimed langsung dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dan didampingi Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd, Dekan FT Dra. Rosnelli, M.Pd. Dekan FIP Dr. Nasrun, M.S.

Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Unimed dilaksanakan pada Rabu, 18 November 2015 di Aula Serbaguna Bupati Dairi Sidikalang. yang langsung ditanda tangani oleh Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos. dan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, serta disaksikan oleh seluruh Muspida Dairi dan Wakil Rektor dan Dekan dilingkungan Unimed. Selanjutnya dilanjutkan dengan Seminar Pendidikan yang dihadiri para Kepala Sekolah, Guru dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang berjumlah ribuan orang.

Kadis Pendidikan Pemkab Dairi Dra. Rosema Silalahi dalam sambutannya mengatakan bahwa MoU dan kegiatan seminar ini merupakan wujud nyata pemerintah Pemkab Dairi dalam meningkatkan mutu pendidikan, baik SDM, Kurikulum, Sarana Prasarana dan pendukung lainnya. Serta kita berharap akan banyak siswa-siswa yang berprestasi dapat melanjutkan studi ke Unimed yang merupakan kampus kebanggaan masyarakat Sumatera Utara.

Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos. dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Pemkab Dairi dan kami sangat terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor Unimed atas perkenannya melakukan kerja sama MoU ini dalam mewujudkan harapan masyarakat Dairi yakni Mutu Pendidikan dapat lebih maju dan terus berprestasi. Jika mutu pendidikan di Dairi ini maju, maka pemerintah daerah akan mudah mencapai visi, misi yang telah kita canangkan yakni mewujudkan masyarakat Dairi yang cerdas dan sejahtera. Pemerintah Dairi sudah mencanangkan motto pembangunan yakni “bekerja untuk rakyat”, dan salah satu wujud tersebut adalah penandatanganan MoU ini dengan Unimed dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Dairi.

Selain penandatanganan MoU ini, kita lakukan Seminar Pendidikan dengan narasumber tunggal yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Kita berharap acara seminar ini dapat mendorong para kepala sekolah, guru dan stakeholders lainnya untuk lebih serius dan bertanggungjawab serta bahu membahu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Dairi ini. Semoga para kepala sekolah dan guru yang hadir ini dapat lebih serius dalam melaksanakan tugasnya. Dalam menghasilkan orang yang cerdas, kita terlebih dahulu harus memiliki ciri orang yang cerdas tersebut yakni : tidak mempermasalahkan masalah, tidak melanggar aturan, tidak mengorbankan orang banyak, disiplin dalam waktu.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam paparan di acara seminar mengatakan dalam membangun negeri atau suatu daerah untuk maju harus dari sekolah, jika kualitas mutu pendidikan sudah baik, maka daerah tersebut secara berlahan akan menjadi daerah yang maju dan dapat mensejahterakan rakyat. Dalam membangun mutu pendidikan semua elemen yang terkait seperti Pemerintah, Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa harus bersinergi dan kerja sama. Di dalam dan luar sekolah harus dipastikan yang berlangsung adalah proses pendidikan bukan sekedar pengajaran atau bahkan sekedar penyampaikan materi atau informasi saja. Akan tetapi para guru dan pemerintah harus membangun bersama karakter dan contoh yang baik dalam proses pendidikan. Guru yg baik harus bisa memerankan murid yg baik. Semoga pemerintah Dairi dapat membangun komitmen dan kesamaan persepsi tentang membangun budaya sekolah yang  bermutu, membangun kepemimpinan dan manajemen sekolah yg efektif, serta membangun pemahaman dan kerjasama guru yang terintegrasi lintas mapel. Para guru harus mampu mengembangkan kemampuan dalam menerapkan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pola memperbaiki guru dan membangkan karir harus didukung penuh oleh pemerintah. Jadi perhatian penuh dari pemerintah harus optimal, agar semangat guru dalam melaksanakan tugas terus mendukung tercapainya harapan masyarakat Dairi yakni pendidikan yang maju dan bermutu dapat tercipta dalam waktu dekat. (Humas Unimed).