PENGUMUMAN
Labuhan Batu Utara

PEMKAB LABURA Kembali Beri Beasiswa Bagi Mahasiswa UNIMED

Medan (Unimed) – Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara kembali memberikan beasiswa kepada mahasiswa Unimed. Penerima beasiswa tersebut ialah mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Labura yang secara ekonomi kurang mampu namun berprestasi. Besaran beasiswa yang diberikan sebanyak 15 juta pertahun, diluar biaya kuliah.

Pemberian beasiswa ini dikukuhkan dengan penandatanganan MoA antara Rektor Unimed dengan Bupati Labuhan Batu Utara di Ruang Sidang A, Biro Rektor Unimed, Rabu (14/9). Penandatanganan MoA ini turut dihadiri oleh Kabag Sosial Pemkab Labura H. Ahmad Sampurna, M.A, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, MS, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, hadir semua dekan, kepala Biro dilingkungan Unimed, serta semua mahasiswa penerima beasiswa.

Tercatat setiap tahun, sebanyak 32 orang siswa Labura yang kuliah di Unimed mendapatkan beasiswa penuh hingga tamat. Hingga tahun ketiga berjalannya program beasiswa ini, total sudah 96 mahasiswa Unimed yang menerima beasiswa.

Beasiswa Labura

Bupati Labura H Kharuddin Syah SE mengatakan program ini dibuat karena dirinya melihat secara langsung jeritan orang tua yang anaknya ingin kuliah namun kurang mampu.

Diutarakannya, kerjasama yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan tarap pendidikan bagi setiap anak di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sebab, pembangunan sumberdaya manusia merupakan prioritas pembangunannya. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa/siswi SMA sederajat di Labura agar terus berprestasi dan dapat bersaing untuk mendapatkan beasiswa kuliah di PTN dengan biaya full dari pemerintah Labura. Semoga pemberian beasiswa ini merupakan langkah awal dalam memajukan pendidikan di Labura sesuai harapan masyarakat.

Pemerintah Labura akan memberikan beasiswa sejumlah 15 juta permahasiswa setiap tahunnya hingga lulus menjadi sarjana. “Selama pemerintahan saya Labura sudah banyak perubahan yang luar biasa, terkhusus disektor pendidikan. Pemerintah Labura juga telah berhasil mengalokasikan 20% lebih dari APBD untuk peningkatan pendidikan di Labura. Hingga 2016 ini, pemerintah Labura telah memiliki sekolah unggulan SD dan SMP yang tenaga gurunya, proses pembelajarannya dan fasilitasnya sangat baik, bahkan setara dengan kelas internasional. Pemerintah Labura juga telah memberikan beasiswa kepada ratusan lebih mahasiswa yang sedang kuliah diseluruh perguruan tinggi baik di Indonesia” pungkas Kharuddinsyah.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd menyambut baik pemberian beasiswa ini. Menurutnya cara ampuh untuk memutus rantai kemiskinan adalah dengan belajar, salah satunya melalui sekolah.

Rektor juga mengapresisasi program Bupati Labura ini, menurutnya mahakarya terbesar dari seorang pemimpin ialah menghasilkan generasi yang berkualitas. Pemberian beasiswa ini adalah salah satu cara untuk itu.

Lanjutnya, generasi berkualitas akan menjadi penopang untuk bersyukur. “Karena tingkatan tertinggi dari bersyukur adalah ketika kita mengubah potensi yang ada menjadi sesuatu yang bermanfaat. Jika punya potensi namun tidak dimanfaatkan itu namanya tidak bersyukur”. Sumberdaya yang berkualitas itulah yang mengubah potensi Kabupaten Labura menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan daerah, sehingga menjadi daerah yang bersyukur. (Humas Unimed).