PENGUMUMAN
seminar biologi

Perkuat Karakter Melalui Inovasi Pendidikan dan Penelitian Biologi

MEDAN (Unimed) – Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unimed gelar seminar nasional III dan workshop biologi dan pembelajarannya di Lt. IV Digital Library Unimed (8/9). Seminar Nasional tahun ini mengangkat tema “penguatan pendidikan karakter melalui inovasi pembelajaran dan penelitian biologi berbasis kearifan lokal.”

Seminar tersebut menghadirkan pemateri Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Dekan FMIPA UNP Prof. Dr. Lufri, MS. Dan Dosen Biologi Dr. Ashar Hasarin, M.Si.

Selain menggelar seminar dan workshop, PPs Biologi juga mengadakan lomba media pembelajaran Biologi ICT dan non ICT pada 16 September, Penanaman Mangrove dan temu kangen alumni Biologi di Pantai Labu pada 30 September dan Pelatihan Managemen Laboraturium biologi pada 7 Oktober mendatang.

Kegiatan yang dihadiri ratusan peserta dari berbagai pendidikan tinggi di Indonesia, para guru-guru biologi, mahasiswa S2 dan S1 pendidikan biologi dari berbagai daerah ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd., Direktur PPs Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, Asdir PPs, Dekan se-lingkungan Unimed, Kajur PPs Biologi, Sekjur PPs Biologi, jajaran fungsionaris PPs dan FMIPA Unimed.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan dari seminar nasional dan workshop yang diakan oleh pendidikan biologi pascasarjana Unimed. Penguatan pendidikan karakter melalui inovasi pembelajaran ini adalah jaman informasi dan karakter hari ini di letakkan pada inovasi. Prinsip pada karakter inovasi ini adalah pada sekolah, mengeksplorasi seluas-luasnya karakter itu pada potensi agar memberikan perkembangan yang maksimal kepada anak indonesia. Jaman sekarang ini bukanlah jaman informasi tetapi abad informasi tetapi inovatif itu akarnya adalah terdidik. Lebih inovatif dari kita yaitu musuh abadi kita adalah kemiskinan, ketertinggalan dan terakhir kebodohan.

Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd mengatakan melalui seminar ini peserta akan saling tukar informasi terkait riset terbaru dalam bidang ilmu biologi maupun pembelajaran inovatif. Diharapkan dapat memunculkan ide baru dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul khusunya dalam bidang ilmu biologi. (Humas Unimed)