PENGUMUMAN
Seleksi MAndiri

Peserta Ujian Seleksi Mandiri UNIMED Bersaing Ketat

MEDAN (Unimed) – Universitas Negeri Medan melaksanakan ujian penerimaan mahasiswa baru jalur terakhir yakni Seleksi Mandiri Unimed. Sebelumnya telah berlangsung SNMPTN dan SBMPTN. Ujian Seleksi Mandiri Unimed Tahun 2017 diikuti oleh 4129 peserta dari seluruh Indonesia, meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang diikuti 3600 peserta. Ujian Seleksi Mandiri ini dilaksanakan seluruhnya di dalam kampus Unimed dengan menggunakan seluruh ruangan kuliah yang dimiliki. Kouta yang akan diterima melalui jalur seleksi mandiri ini adalah 1500.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, bersama Ketua Panitia Seleksi Mandiri Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, (WR.1) dan Sekretaris Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, (WR.3), dan beserta pimpinan lainnya langsung meninjau proses pelaksanaan ujian seleksi mandiri di gedung Serbaguna Unimed.

Proses pendaftaran sempat diperpanjang beberapa hari, karena tingginya animo masyarakat yang menghubungi call center panitia dengan mempertanyakan informasi dan proses pendaftaran. Mereka banyak mengatakan “baru mengetahui informasi ini dan mohon bisa ditambah waktunya”. Berdasarkan berbagai keluhan masyarakat tersebut, panitia seleksi jalur mandiri Unimed diperpanjang 1 hari yakni 20 Juli 2017, yang jadwal sebelumnya 19 Juli 2017.

Bagi peserta ujian Mandiri yang memilih program studi olahraga dan seni harus mengikuti ujian keterampilan yang akan dilaksanakan pada 24-25 Juli 2017 di FIK dan FBS. Ujian Seleksi Mandiri Unimed terbagi kedalam 3 kelompok ujian yakni saintek, soshum dan campuran. Masing-masing kelompok terdata diikuti oleh peserta 625 campuran, 1200 saintek dan 2304 soshum. Sedangkan pengumuman bagi peserta yang dinyatakan lulus akan disampaikan ke publik pada 31 Juli 2017 melalui website www.unimed.ac.id dan media massa.

Prof. Syawal Gultom, Rektor Unimed saat meninjau pelaksanaan ujian di gedung serbaguna Unimed mengatakan, melalui jalur terakhir masuk ke Unimed menjadi mahasiswa baru, terlihat data peningkatan jumlah pendaftar yang tinggi. Data ini memiliki makna bahwa tingkat kepercayaan masyarakat kepada Unimed sangat tinggi. Asal peserta seleksi mandiri yang ikut ujian tahun ini juga semakin menyebar ke beberapa daerah luar Sumatera Utara, seperti Aceh, Riau, Sumbar, Palembang, Jambi, Jakarta dan beberapa daerah lain di Jawa.

“pendaftar jalur mandiri Unimed tahun 2017 ini makin meningkat drastis, asal pendaftar juga semakin tersebar dari luar Sumut. Ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Unimed terus semakin tinggi. Unimed setiap tahunnya hanya mampu menerima mahasiswa baru sejumlah 5000, hal ini terkait dengan jumlah fasilitas dan dosen yang belum bisa menambah jumlah mahasiswa baru. Kalau kita tambah tahun ini kan bisa menganggu proses akademik selanjutnya, makanya kita 5 tahun terakhir hanya menerima 5000 mahasiswa baru melalui tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri, ujar Prof. Syawal Gultom.

Lanjut Prof. Syawal Gultom, melihat tingginya animo pendaftar dan sebagian masyarakat ada yang mohon bisa diperpanjang masa pendaftarannya. Maka telah kami putuskan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendaftar jalur mandiri ke Unimed selama satu hari. Kami berharap ujian seleksi mandiri Unimed ini akan menjaring calon mahasiswa baru yang memiliki kompetensi dan minat belajar yang tinggi. Sehingga dapat mudah menyelesaikan studi dengan baik nantinya.

Hal senada diungkapkan olah Ketua Panitia Prof. Abdul Hamid K, yang juga WR.1, saat mendampingi rektor meninjau proses ujian mengatakan, kami hanya menyarankan agar seluruh peserta dapat mengikuti ujian ini dengan baik. Percayalah dengan kemampuan diri sendiri dalam menjalab soal yang diberikan. Semoga peserta yang lulus nantinya adalah putra/putri terbaik yang akan memajukan daerahnya masing-masing, setelah tamat S1 tidak malu membangun daerah asalnya. Kami panitia telah siap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta dalam proses ujian hari ini. Jika ada kendala kami silahkan untuk menghubungi panitia dimasing-masing sektor. Dari pantauan kami ujian seleksi mandiri Unimed tahun ini berjalan lancar dan tertib, serta tidak ada kendala sama sekali. (Humas Unimed).