PENGUMUMAN
nuzul quran unimed

PHBI UNIMED Gelar Nuzulul Qur’an & Buka Puasa Bersama

MEDAN (Unimed) – PHBI Universitas Negeri Medan (UNIMED) peringati Nuzulul Qur’an dirangkaikan dengan buka puasa bersama di Masjid Kampus Baiturrahman Unimed di Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate pada Senin, 12 Juni 2017. Peringatan Nuzulul Qur’an setiap tahunnya aktif digelar oleh PHBI Unimed pada setiap 17 Ramadhan. Hadir Rektor Unimed Prof. Dr. H. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Para Dekan, Wakil Dekan, fungsionaris, ratusan dosen dan mahasiswa dilingkungan Unimed.

Prof. Dr. H. Syawal Gultom dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan Nuzulul Qur’an akan memberikan banyak manfaat dan dorongan bagi kita untuk mendaji manusia terbaik dihadapan Allah SWT dan antar sesama. Hasil kita melaksanakan ibadah kepada Allah termasuk melaksanakan puasa ramadhan adalah menjadikan diri kita menjadi mulia di sisi Allah, yakni membentuk diri menjadi insan yang bertaqwa. Selain itu juga harus membentuk diri kita menjadi insan yang peduli terhadap sesama. Dalam rukun islam yang kita imani, 4 poin untuk diri kita, sedangkan 1 poin untuk orang lain, yang harapannya dapat membentuk kesalehan diri kita untuk peduli antar sesama.

Melalui perayaan Nuzulul qur’an hari kita, kita pimpinan komitmen agar perayaan keislaman seperti ini akan kita galakkan. Jika kita memiliki kebersamaan yang kuat, maka seharusnya ribuan orang civitas dapat hadir keacara yang baik seperti ini. Saya ajak para dekan, direktur dan seluruh fungsionaris di Unimed dapat aktif mengajak dosen dan mahasiswa untuk hadir pada acara keagamaan seperti ini, karena manfaatnya sangat besar bagi kita. Tidak berarti yang baik jika kecerdasan dan keterampilan kita telah raih dalam proses akademik, namun karakter diri tidak terbentuk baik, seharusnya harus sejalan antara kecerdasan dan karakter diri. Kita memiliki motto the character building university, karakter itu tidak akan berhasil kita capai jika warga civitas Unimed tidak menerapkan nilai-nilai agama dalam diri dan aktivitas akademik di kampus.

Sementara Ketua PHBI Unimed Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan mohon terus dukungan Bapak Rektor dan seluruh pimpinan agar kami PHBI Unimed dapat terus berbuat untuk memperkuat ukhwan silaturrahim antar civitas dan juga dapat terus menguatkan paham keislaman warga civitas. Kami kedepan agar terus melakukan berbagai kegiatan yang mendukung terwujudkan kampus hijau Unimed yang sejuk, teduh dan menangkal paham-paham radikal hidup dikampus ini. Semoga niat baik kita bersama dalam memajukan kampus Unimed dapat tercapai. Amin.

Ustadz Prof. Dr.   Smroeni Drajat, MA, dalam ceramahnya mengungkapkan hikmah nuzulul Qur’an menjadi pedoman dasar bagi seluruh umat manusia. Al Quran tidak ada keraguan di dalamnya. Apa saja di dunia ini sudah terkandung dalam Al Quran. Mempelajari Al-Quran merupakan kewajiban umat Islam. Kata dia, orang Islam yang baik ialah mereka yang senantiasa mempelajari Al Quran. Sedangkan orang yang paling buruk adalah yang tidak mengerti Al Quran dan tidak mau mempelajarinya. (Humas Unimed).