PENGUMUMAN
PPG pramuka

PPG SM3T UNIMED Gelar KMD Pramuka

Medan, Unimed mendukung semua aktivitas akademik dan non-akademik di kampus yang bertujuan mengembangkan bakat mahasiswa. Salah satu cara dengan menyelenggarakan berbagai event tingkat mahasiswa. Bukan hanya tingkat mahasiswa S1, begitu pula dengan peserta PPG SM3T Unimed. Unimed mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi peserta SM3T Unimed angkatan V. Tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan bakat dan talenta yang dimiliki para kembang calon pendidik yakni mahasiswa SM3T Unimed.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal  10-15 Juli 2017 di ruang VIP Serbaguna Unimed jumlah peserta 224 orang. Turut hadir dalam kegiatan ini wakil rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid, K, M.Pd. di damping Kapusdiklat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini meliputi teori, praktek dan dilanjutkan dengan outbound bersama.

KMD adalah jenjang pertama Kursus Pembina Mahir Dasar. Peserta KMD adalah peserta PPG SM3T yang dianggap sebagai anggota dewasa (Pembina) dan Pandega yang akan membina peserta didik di Gugus Depan. Kegiatannya adalah mempelajari teori dan pengetahuan kepramukaan untuk dipraktekkan setelah KMD selesai. Setelah lulus KMD dan mendapat sertifikat maka seseorang dapat menjadi pembina pramuka. Tujuan KMD adalah untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka, melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka ialah Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega. Setelah mengikuti KMD, peserta diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang pramuka sehingga dapat menjadi pembina pramuka yang cakap.

Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid k., M.Pd  mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu cara kita membina kompetensi guru professional dalam mengembangkan karakter,  kedisiplinan dan kepribadian calon pendidik. Sebagai pendidik yang professional buah hasil dari program SM3T ini bahwa guru professional tidak hanya siap secara pengetahuan, wawasan, dan skill mengajar, tetapi juga diperlukan penguasaan keterampilan di berbagai bidang. Karena pada saat kita betugas sebagai guru professional tuntutan aktif  membimbing dan mengarahkan siswa dalam bidang keterampilan juga sangat di perlukan. Semoga kegiatan ini dapat mendorong para lulusan SM3T Unimed untuk lebih siap menjadi guru professional dan tetap konsisten dengan tugas dan pengabdiannya. (Humas Unimed).