PENGUMUMAN
ppkn mangrove

PPKn FIS Bantu Abrasi Pantai Melalui Tanam Pohon Mangrove di Sergai

Serdang BedagaiMahasiswa Jurusan PPKn FIS Unimed pada tanggal 19 Nopember 2016 melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) II di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Jurusan PPKn tahun angkatan 2014 mengangkat tema “Upaya Pelestarian Lingkungan dari Abrasi Pantai di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai”. Desa ini dipilih karena keadaan Pantai Desa yang saat ini tengah menghadapi abrasi pantai akibat belum terdapatnya mekanisme penahanan gelombang laut di Pantai Merdeka Bagan Kuala.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dr. Reh Bungana Beru PA, SH., M.Hum (Ketua Jurusan) dan Arief Wahyudi, SH., MH (Sekretaris Jurusan) beserta dosen M. Fahmi Siregar, SH., MH, Prayetno, S.IP, M.Si dan Budi Ali Mukmin, S.IP., M.Si. Peserta KKL II diterima oleh Syafril Gunawan selaku Kepala Desa didampingi perangkat desa dan warga desa setempat. Kegiatan KKL II berjalan dengan sukses terutama dengan adanya sikap keterbukaan dan kerjasama masyarakat desa dengan mahasiswa peserta KKL.

Reh Bungana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan hangat dari kepala desa dan warga setempat serta menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk usaha kepala desa dan masyarakat desa menghijaukan kembali Pantai Merdeka sebagai bagian dari upaya pencegahan abrasi pantai. Reh Bungana juga berharap agar mahasiswa dapat belajar dari kondisi lingkungan di Desa Bagan Kuala dan usaha masyarakatnya untuk memperbaiki lingkungan.

Syafril Gunawan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Jurusan PPKn Unimed karena telah memilih Desa Bagan Kuala sebagai lokasi KKL II yang merupakan bentuk dukungan kepada desanya dalam usaha memperbaiki lingkungan pantai mereka. Menurut Syafril, keadaan Pantai Merdeka sekarang sangat memprihatikan karena telah habisnya hutan mangrove akibat penebangan di masa lalu yang kurang memperhatikan kelestarian pantai. Oleh karena itu, kehadiran Jurusan PPKn diharapkan dapat membantu usaha-usaha percepatan perbaikan keadaan pantai yang sedang dilakukan oleh Syafril bersama-sama dengan masyarakat Desa.

Kegiatan KKL II ini diisi dengan penanaman sebanyak 220 batang bibit Mangrove di Pantai Merdeka. Bibit Mangrove yang ditanam oleh Jurusan PPKn merupakan bibit Mangrove pertama yang ditanam di daerah Pantai Merdeka. Penanaman mangrove ini diikuti dengan antusias oleh masyarakat desa setempat dengan harapan pada masa yang akan datang akan semakin banyak partisipasi publik untuk menghijaukan kembali Pantai Merdeka dengan penanaman bibit mangrove lainnya. Jurusan PPKn sendiri merencanakan kegiatan ini akan berkesinambungan dengan mengundang mitra baik lembaga pemerintah maupun swasta untuk menanam mangrove sebagai bentuk dukungan bagi usaha masyarakat Desa Bagan Kuala dalam mengatasi abrasi pantai. Sebagai tindak lanjut Syafril Gunawan akan di undang pada tanggal 1 Desember 2016 untuk menjadi narasumber tamu di Jurusan PPKn Unimed untuk memaparkan rencana desa memperbaiki keadaan desa mereka. (Humas Unimed).