PENGUMUMAN
Oktoberfest 2015

Prodi Bahasa Jerman UNIMED Gelar Pesta Budaya Jerman

Medan – Pesta budaya Jerman yang dilaksanakan tiap bulan oktober yang bertajuk Oktoberfest aktif digelar oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unimed setiap tahunnya. Kegiatan ini diisi dengan berbagai perlombaan yang mendukung pengembangan diri dan pendidikan. Tahun 2015 ini Oktoberfest diselenggarakan pada 29 – 30 oktober 2015 di Lapangan Parkir FBS Unimed. Kordinator dalam mensukseskan kegiatan ini adalah Ahmad Bengar Harahap, S.Pd. M.Hum.

Oktoberfest pada zaman dahulu merupakan acara pacuan kuda yang diselenggarakan untuk merayakan pernikan putra mahkota Ludwig I dan istrinya Therese Saxe-Hildburghausen. Perlombaan ini begitu sukses sehingga mereka memutuskan untuk mengadakan acara tersebut secara teratur. Festival Oktoberfest pun terus tumbuh dan berkembang di Jerman hingga ke penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Jika di negara asalnya Oktoberfest diisi dengan pesta bir. Tidak demikian di Unimed. Oktoberfest dimodifikasi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat dalam bidang kebudayaan, edukasi, seni dan ilmu pengetahuan sosial. “Kegiatan ini diharapkan menambah khazanah pengetahuan mahasiswa. Event diisi dengan perlombaan bidang teater, volksong, musikalisasi puisi, dan cerdas cermat, fashion show dan lain-lain yang mengangkat nilai-nilai budaya Jerman”, ujar ketua panitia Oktoberfest 2015 FBS Unimed, Ilham Aminullah Rusli.

Ketua Jurusan Bahasa Asing Dr. Evi Eviyanti, M.Pd, mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa serta seluruh pembelajar bahasa Jerman di Medan. Selain itu kita juga berharap akan banyak lahir siswa-siswa dan sekolah yang berminat mempelajari bahasa Jerman dalam menambah skill dan kompetensi tambahan para siswa. Kita civitas Jurusan Bahasa Asing dan Prodi Pendidikan Bahasa Jerman siap membantu dalam mewujudkan harapan tersebut.

Sementara itu, Dekan FBS Unimed Dr. Isda Pramuniati, M.Hum yang membuka acara ini berharap agar Oktoberfest 2015 yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jerman pada tahun ini mengaangngkat tema “Deutsch und Interkulturelles”, dapat menjadi wadah para mahasiswa dalam menunjukkan kreatifitas dan karya inovatif yang mendukung kepemilikan kompetensi mahasiswa. Saya sangat mendukung terus kegiatan oktoberfest ini dapat dilaksanakan untuk setiap tahunnya, karena kegiatan seperti ini merupakan bentuk perkuliahan nyata yang dapat dilihat oleh seluruh civitas Unimed. Lakukanlah terus bentuk inovatif yang ada diberbagai kegiatan Prodi Jerman di berbagai universitas dan juga dinegara asal Jerman. Bentuk modifikasi kegiatan yang kita laksanakan ini dan yang akan datang merupakan kreativitas kita untuk menjadi lebih baik. Kita civitas FBS Unimed bangga dengan kreativitas dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Jerman, karena kedutaan dan atase Jerman telah melihat dan memberikan apresiasi baik dengan kita. Saya berharap hal positif ini dapat terus kita tingkatkan untuk nama besar kita bersama. Semoga akan lahir karya-karya inovatif dari dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman untuk mendukung FBS Unimed Jaya. (Humas Unimed).