PENGUMUMAN
Seminar Literasi

Prodi S2 Pend. Bahasa Indonesia Unimed Gelar Seminar Nasional Literasi

MEDAN (Unimed) – Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia PPs Unimed menggelar seminar nasional dengan tema “Literasi Dalam Riset Ilmiah Untuk Menyongsong Generasi Emas Yang Berkarakter” bertempat di Digital Library Unimed, Sabtu, (15/9). Narasumber yg menyampaikan materi yaitu; Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom. M.Pd. selaku keynote speaker, Prof. Dr. Bambang Kaswanti Purwo (Universitas Atmajaya), Dr. Mutsyuhito Solin, M.Pd dan Prof. Dr. Rosmawaty Harahap, M.Pd dari Unimed.

Pertemuan ilmiah ini diikuti oleh 350 peserta yg berasal dari berbagai lembaga dari propinsi Aceh, Riau, dan Sumatera Utara. Turut hadir Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Direktur Pascasarjana, Dekan, dan mahasiswa pascasarjana Unimed.

Direktur Pascasarjana Unimed, Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd mengungkapkan, seminar nasional ini adalah acara rutin yang bertujuan untuk meng-update pengetahuan mahasiswa dan dosen khususnya dibidang riset ilmiah. Disamping itu, acara ini diharapkan dapat membangun generasi emas berkarakter, karena Unimed menekankan pentingnya karakter dalam mencetak lulusan.

The lost character is the lost everything, yakni kehilangan karakter merupakan kehilangan segalanya. Unimed sudah menetapkan landasannya bahwa eksplorasi karakter itu berbasis nilai-nilai agama, nilai-nilai budaya, dan nilai-nilai ilmu pengetahuan ,” terang Prof Bornok.

Sementara itu, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya berbagai forum  ilmiah di Unimed, salah satunya seminar literasi yang digelar oleh Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia tersebut.

Prof Syawal juga menekankan kembali pentingnya peran sekolah dalam membangun bangsa. “Sekolah didirikan adalah untuk membangun eksistensi negara untuk mengembangkan para generasi. Sekolah adalah pusat peradaban negeri ini, terangnya.

Menurut Rektor, seminar yang dilaksanakan ini bisa dijadikan langkah untuk memperbaiki literasi di sekolah “Forum ini mengantisipasi bagaimana sebetulnya literasi itu akan diformat ulang di sekolah, mengkaitkan literasi dengan karakter. Oleh sebab itu, saya atau kita berharap formula yang akan dibuat di ruangan ini nanti dapat menjadi ilmu yang bermanfaat yang bisa dibawa ke sekolah. Dijadikan atau diinternalisasi oleh mahasiswa pascasarjana. bagaimana kita untuk membangun literasi untuk menjadi bangsa,” jelas Prof Syawal. (Humas Unimed).