PENGUMUMAN
PBXPO 2016

Prodi S2 Pend. Biologi Gelar Seminar Nasional & Bio Expo 2016

Medan (Unimed) – Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unimed satu prodi yang aktif menggelar berbagai kegiatan dalam pengkajian ilmu biologi dan pembelajarannya serta temu ilmiah antar mahasiswa dan alumni. Di tahun 2016 telah digelar beberapa kali seminar nasional, workshop dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pada kali ini Prodi Magister Pendidikan Biologi menggelar First Postgraduate Bio Expo 2016 dalam bentuk Seminar Nasional dan Workshop Biologi dan Pembelajarannya dengan mengangkat tema : “melalui seminar dan workshop biologi dan pembelajaran inovatif kita tingkatkan daya saing bangsa”. Kegiatan kreatif yang digelar pada 9-11 September 2016 di Digital Library dan Laboratorium Biologi Unimed ini memiliki rangkaian kegiatan yakni : Seminar Nasional Biologi dan Pembelajaran Biologi yang digelar pada jumat, 9/9, kemudian workshop biologi tentang Genetika Mendelian, Biologi Molekuler, Media Pembelajaran Biologi Berbasis ICT digelar pada sabtu, 10/9. Temu kangen alumni dab pergantian pengurus aluni PPs Pendidikan Biologi Unimed dan performance media pembelajaran hasil karya mahasiswa, digelar pada sabtu, 10/9, dan penanaman pohon diwilayah kampus Unimed oleh mahasiswa pada minggu, 11/9.

Biologi 2016

Panitia mengundang berbagai pakar sebagai narasumber untuk mengisi berbagai kegiatan seminar nasional dan temu ilmiah, diantaranya yakni ; 1) Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, dengan materi Pembelajaran Berbasis Kreatif dan Inovatif. 2) Dr. Ir. Fauzan Ali, M.Sc, dengan materi aqua culture, 2) Dr. Fauziah Harahap, M.Si, dengan materi bioteknologi dan pembelajarannya. 4) Dra. Salamah, M.Pd, dengan materi pembelajaran biologi. Sedangkan fasilitator workshop adalah 1) Dr. Tumiur Gultom, MP, dengan materi genetika mendelian. 2) Dr. Diky Setya Diningrat, M.Si, dengan materi biologi molekul. 3) Bambang Joko Surya, M.Pd, dengan materi media pembelajaran berbasis ICT. dan 4) Maimunah Nasution, M.Pd, dengan materi pembelajaran biologi. Para narasumber dan fasilitator tersebut akan mengarahkan dalam mengembangkan ilmu biologi dan pembelajarannya.

Kegiatan yang dihadiri ratusan peserta dari berbagai pendidikan tinggi di Indonesia, para guru-guru biologi, mahasiswa S2 dan S1 pendidikan biologi dari berbagai daerah ini dibuka oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. didampingi Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd, Direktur PPs Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, dan jajaran fungsionaris PPs dan FMIPA Unimed.

Kegiatan ini dirangkai dengan melakukan penandatanganan MoU antara FMIPA Unimed dengan LIPI bidang Limnologi LIPI Cibinong Bogor. Penandatangan dilakukan oleh Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd, dan Kapuslit Limnologi LIPI Dr. Ir. Fauzan Ali, M.Sc. MoU ini diharapkan menjadi wadah dalam pengembangan kajian biologi dan pembelajarannya di Unimed yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian.

Biologi 2016 2

Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dirangkai dari seminar nasional, workshop, temua alumni dan penanaman pohon disekitar kampus Unimed ini cukup kreatif dalam meningkatkan kreatifitas dan inovatif mahasiswa biologi S1 dan S2 Unimed dalam mengembangkan kajian biologi dan pembelajarannya. Saya berharap mahasiswa biologi akan terdorong memanfaatkan seluruh alam dikampus sebagai media pembelajaran. Semoga kegiatan ini sukses dalam mencapai apa yang menjadi tujuan untuk meningkatkan kajian biologi dan pembelajaran biologi. Hingga kita menjadi pusat inovasi pembelajaran biologi di Indonesia. Kami pimpinan juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapuslit Limnologi LIPI sebagai narasumber dan melakukan penandatanganan MoU. Semoga kerjasama ini dapat terus mendukung civitas Unimed untuk melakukan penelitian kajian biologi dan pendidikan biologi.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd mengatakan melalui seminar ini peserta akan saling tukar informasi terkait riset terbaru dalam bidang ilmu biologi maupun pembelajaran inovatif. Diharapkan dapat memunculkan ide baru dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul khusunya dalam bidang ilmu biologi. (Humas Unimed).