PENGUMUMAN
Sahat Siagian

Prof. Dr. SAHAT SIAGIAN, M.Pd

Sehari-hari beliau aktif mengajar di pascasarjana dan fakultas teknik, selain aktif mengajar beliau juga aktif mengkordinir kegiatan kemahasiswaan di kampus hijau Unimed, karena amanah dan tanggungjawabnya sebagai Wakil Rektor III untuk masa 2015-2019. Meningkatkan mutu, kualitas pendidikan dan kreativitas mahasiswa adalah tujuan utama beliau.

Pria kelahiran 4 Januari 1961 di Pematang Siantar ini menyelesaikan studi S1nya di IKIP Medan (sekarang Unimed) jurusan Pendidikan Teknik Elektro pada tahun 1986. Kemudian melanjutkan S2 di IKIP Malang (sekarang UM) jurusan Teknologi Pendidikan dan lulus pada tahun 1997. Serta meraih gelar Doktor Teknologi Pendidikan pada tahun 2006 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Karirnya dimulai sebagai staff ahli di Pascasarjana Unimed pada periode tahun 2000-2007, kemudian beliau menjabat sekretaris prodi Teknologi Pendidikan di Pascasarjana Unimed pada tahun 2007–2011. Setelah menjabat sebagai sekretaris, beliau kemudian diangkat menjadi Ketua Prodi Teknologi Pendidikan  Pascasarjana Unimed periode tahun 2011-2013. Selanjutnya beliau diamanahkan menjadi Assisten Direktur II periode tahun 2013-2017. Pada masa jabatan Asisten Direktur II PPs Unimed belum berakhir, beliau diangkat menjadi Wakil Rektor III Unimed untuk periode 2015-2019. Selain berkarir di Unimed, beliau juga aktif menjadi anggota assesor sertifikasi guru di Unimed mulai dari tahun 2007 sampai saat ini, dan menjadi koordinator wilayah Langkat dan Binjai untuk Pendidikan Sarjana Kependidikan guru dalam jabatan (PSKGJ) mulai dari tahun 2009 sampai sekarang serta menjadi Instruktur Pendidikan dan Pelatihan Guru (PLPG) Pada Pendidikan dan Pelatihan Guru dalam sertifikasi Guru Sumatera Utara sejak tahun 2008.

Karir beliau tidak hanya dibidang akademis, namun juga aktif dalam berbagai organisasi, diantaranya sebagai Dewan Pendidikan kota Medan sejak tahun 2007 dan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) sejak tahun 2011.

Kontribusinya dalam pengabdian masyarakat sebagai Upaya Mengatasi Kejuruan Arus Listrik dengan Menggunakan Slow Start di Perumahan Perumnas Mandala Medan, beliau tuangkan kedalam bentuk tulisan pada tahun 2002. Selain itu beliau juga pernah melakukan beberapa penelitian, diantaranya Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronika Dasar Dilengkapi dengan Trainer tahun 2012 dan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Disain Instruksional tahun 2013.

Ditengah kesibukannya menjadi dosen, beliau juga menyempatkan diri untuk menulis. Beberapa karya ilmiah yang sudah dimuat diantaranya buku Ber-ISBN dengan judul Penelitian Tindakan Kelas (Kerjasama Unimed dengan Dinas Pendidikan kota Medan) diterbitkan tahun 2010. Di tahun 2015 beliau berhasil menerbitkan buku dengan judul Profesi Kependidikan dan Evaluasi Program yang diterbitkan Unimed Press Medan. Selain itu, beberapa tulisan beliau juga dimuat dalam beberapa jurnal, diantaranya adalah Lingkungan Sebagai Sumber Belajar pada tahun 2009, Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber pada tahun 2011, Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas tahun 2011, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Geografi tahun 2012, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII Siswa SMP Negeri  1 Dolok Panribua tahun 2012, Development of Module and Trainer in Learning Basic Electronic tahun 2014, Development of Interactive Multimedia in Instructional Designpada tahun 2014 dan Multimedia Interactive dalam Pembelajaran pada tahun 2013 dan 2014. Kemudian untuk menambah wawasan dan pengalaman beliau aktif menghadiri berbagai pertemuan ilmiah baik seminar dan simposium nasional dan internasional.