PENGUMUMAN
Gedung Balai Diklat Kemdikbud

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd Jadi Nama Salah Satu Gedung Diklat di Kemendikbud RI

MEDAN (Unimed) – Siapa yang tak kenal Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.,  beliau sosok yang visioner dan sangat bersemangat jika berbicara tentang pendidikan dan kualitas guru di Indonesia. Pernah menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan di Kemendikbud sejak 2011-2015. Memimpin Unimed sebagai rektor selama dua periode 2007-2011 dan 2016-2019. Beliau memiliki segudang prestasi dan pengalaman dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya bidang kurikulum dan peningkatan kualitas mutu guru.

Atas dedikasi dan prestasinya dalam pengembangan sistem pendidikan dan peningkatan kualitas guru di Indonesia, pemerintah menobatkan nama beliau sebagai salah satu Gedung Diklat di Kemdikbud RI, dengan nama “Gedung Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd”. Gedung tersebut baru diresmikan hari ini hari Kamis (30/3) di Sawangan Depok oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP, dan didampingi Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata, Ph.D.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengungkapkan rasa terharunya atas penghargaan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, karena telah menabalkan nama saya sebagai salah satu nama gedung di Kemendikbud. Insha Allah ini menjadi semangat baru bagi saya pribadi agar terus berbuat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Saya atas nama prinadi, keluarga dan institusi Unimed mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Bapak Mendikbud RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP. Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju, kualitas dan kesejahteraan guru semakin meningkatkan, sehingga akan memberi sumbangsih untuk kemajuan Indonesia di kanca dunia.

Dirjen GTK Sumarna Surapranata, Ph.D, setelah peresmian mengatakan, penobatan nama Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, sebagai salah satu nama gedung di Kemendikbud tidaklah tanpa alasan. Nama beliau sungguh telah terukir secara nasional semenjak sebagai kepala Badan PSDMP dan PMP Kemendikbud RI. Jasa beliau dalam pengembangan sistem pendidikan, penjaminan mutu dan peningkatan kualitas guru di negeri ini telah terukir. Bahkan sampai sekarang beliau merupakan tim ahli/pakar yang tetap kita minta jasa dan dedikasinya untuk pengembangan mutu pendidikan dan kualitas guru di Dirjen GTK Kemdikbud RI. Bagi kami nama beliau sangat layak di nobatkan sebagai nama satu gedung di Kemdikbud ini. Semoga semangat dan kepedulian beliau akan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia kedepannya.

Ditempat terpisah Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, selaku Wakil Rektor I Unimed, mengucapkan selamat untuk Bapak Rektor Unimed atas penghargaan luar biasa dari Kemdikbud RI atas penganugerahan nama beliau sebagai satu nama gedung diklat di Kemendikbud RI.

Sejalan dengan itu, Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, Direktur PPs Unimed, mengatakan “pahlawan pendidikan dari Medan telah di abadikan sebagai satu nama gedung di Kemendikbud, inilah harta tak terukur.

Sekretaris Kopertis Wilayah I Sumatera Utara Dr. Mahriyuni, M.Hum, juga mengucapkan selamat kepada Bapak Rektor Unimed, atas penghargaan pemerintah, karena dedikasi beliau untuk dunia pendidikan di negeri ini, semoga beliau selalu sehat sehingga dapat berkiprah dengan memberikan gagasan yang handal untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. (Humas Unimed)