PENGUMUMAN
Manihar Situmorang

Prof. MANIHAR SITUMORANG, M.Sc., Ph.D

Sosok yang ramah dan rendah hati ini, merupakan dosen kimia lulusan Australia. Beliau adalah guru besar kebanggaan Unimed dengan spesialisasi Kimia Analitik, yang ditunjukkan dari banyaknya prestasi dan kontribusi ilmiah yang sudah diperolehnya dibidang Kimia dan Pendidikan Kimia. Prof. Manihar Situmorang memulai studi S-1 pada Jurusan Pendidikan Kimia FKIE IKIP Medan (1980-1984). Selanjutnya beliau mengikuti program Graduate Study Chemical Research Techniques (CRT) di School of Chemistry, The University of New South Wales (UNSW) Sidney, Autralia (1989). Kemudian Beliau melanjutkan studi Master of Science (M.Sc) pada tahun 1990-1992, dan Program Phylosophy Doctor (Ph.D) pada tahun 1997-2001 pada bidang Kimia Analitik di School of Chemistry UNSW Sidney, Autralia. Semua studi di Luar Negeri dibiayai oleh Beasiswa Pemerintah Australia, yaitu IDP Program dan Ausaid-ASTAS. Beliau juga pernah mengikuti Research Fellows untuk bidang Kimia Analitik di School of Chemistry, University of Cincinnati, Cincinnati, Ohio, USA tahun 1994.

Riwayat pekerjaan dimulai sebagai Dosen Jurusan Kimia FMIPA IKIP Medan (Unimed) sejak tahun 1986 hingga saat ini. Pada saat kuliah S3 di UNSW, beliau menjadi Dosen Part Time di Department of Chemistry, UNSW tahun 1999-2001. Di Unimed, Selain menjadi dosen beliau juga pernah dipercayakan mengemban tugas tambahan sebagai Kepala Pusat Penelitian Ilmu-Ilmu Dasar (Ka-Puslit-IID) di Lembaga Penelitian Unimed periode tahun 2002-2003, menjabat Dekan FMIPA selama 2 periode, yaitu 2003-2007 dan 2007-2011. Selanjutnya pada tahun 2011 -2015 beliau dipercayakan sebagai Ketua Lembaga Penelitian (Ka-Lemlit Unimed). Saat ini, beliau diamanahkan sebagai Wakil Rektor IV Unimed periode 2015-2019 yang membidangi perencanaan, kerjasama dan hubungan masyarakat.

Setelah menyelesaikan studi S2, beliau telah banyak melakukan penelitian yang didanai dari berbagai sumber dana penelitian, baik dari Dalam Negeri maupun dari Luar Negeri (sebanyak 31 Judul Penelitian), berupa single-year dan multy-year. Dari kegiatan penelitian yang sudah dilakukan, telah dihasilkan banyak artikel ilmiah sebagai penulis utama dan sebagai co-author yang diterbitkan pada Jurnal Internasional, Jurnal Nasional Terakreditasi, dan Jurnal Nasional. Beliau juga secara reguler mempresentasikan hasil penelitian dalam pertemuan ilmiah Nasional dan Internasional, dan karyanya cukup banyak yang telah diterbitkan dalam berbagai Conference Proceeding dan Prosiding Seminar. Beliau juga banyak melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bidang ilmu yang digelutinya, termasuk diantaranya sebagai narasumber dalam berbagai jenis pelatihan yang bersifat nasional dan internasional. Selain penelitian beliau juga sudah menerbitkan 5 Judul Buku ber-ISBN dalam bentuk Buku Ajar dan Buku Teks yang dipergunakan sebagai media untuk kelancaran dalam pembelajaran. Dari berbagai hasil penelitian, beliau telah mendaftarkan Paten dalam bidang Kimia diantaranya adalah Biosensor Elektrokimia Untuk Penentuan Asam Urat, (Pendaftaran 2013), Sensor Spektrofotometri untuk Penentuan Pengawet Nitrit (Pendaftaran 2015), Sintesis Ionofor Sebagai Bahan Aktif Ion Selektif Elektroda (ISE) Serta Penggunaannya (Pendaftaran 2015).

Selain aktif dalam kepenulisan, penelitian dan mengajar beliau juga aktif dalam organisasi profesi seperti Anggota Royal Australian Chemical Society (RACI) tahun 1990-2005, anggota American Chemical Society (ACS) tahun 1995-2003, anggota Himpunan Kimia Bahan Alam Indonesia tahun 2002 sampai saat ini, dan anggota Himpunan Kimia Indonesia (HKI) tahun 2001 sampai saat ini.