PENGUMUMAN
Seminar Nasional Olahraga

Prof. Syawal Gultom: Bangun Karakter Lewat Olahraga

MEDAN (Unimed) – Olahraga menjadi salah satu bidang dalam pembangunan karakter. Oleh karena itu harus diberi perhatian khusus dalam proses menciptakan guru yang profesional dan menjadi idola siswa. Hal ini disampaikan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd saat membuka acara Seminar Nasional dan Workshop Penelitian Pendidikan Olahraga yang digelar oleh Prodi Pendidikan Olahraga PPS Unimed di Digital Library Unimed, 8-9 Maret 2017. Turut hadir para Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Deputi Kemenpora Drs. Washinton, Narasumber Prof. Dr. Rusli Lutan, ratusan dosen, guru dan mahasiswa FIK Unimed.

Prof. Syawal Gultom dalam sambutannya berharap acara tersebut dapat fokus dalam mengeksplorasi nilai-nilai olahraga, sehingga menjadi budaya di masyarakat dalam upaya pembentukan karakter. Aktivitas olah raga tidak hanya untuk sehat, namun nilai-nilai di dalam olah raga dapat diarahkan pada pembentukan karakter diri setiap manusia. Disamping itu peningkatan profesi pendidik olahraga juga perlu menjadi perhatian serius, sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas kompetensi guru olahraga.

Seminar Nasional Olahraga 2

“Kita harus fokus menanamkan nilai-nilai olahraga itu dalam keseharian bangsa Indonesia. Dengan pikiran dan jiwa yang sehat maka bangsa ini akan cepat bangkit. Oleh karena itu pendidik olahraga ini juga harus mendapat perhatian serius. Orientasi kita harus start dari UU Sisdiknas” jelas Prof Syawal.

Sementara Prof. Dr. Rusli Lutan, salah seorang narasumber seminar ini mengungkapkan olahraga menjadi sangat menarik karena mengandung potensi multidimensi, termasuk potensi politik, ekonomi, dan sosial pembangunan. Begitu pula pembangunan karakter. Olahraga juga sifatnya netral tetapi bergantung kepada usaha kita. Bagaimana memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat. Maka, anggota pendiri AISA (Asia Industry of Sports Association) ini menganjurkan pembangunan olahraga harus menjadi kebijakan pembangunan daerah. Melalui kebijakan pemerintah daerah, olahraga dengat mudah membentuk karakter masyarakat untuk hidup sehat dan sejahtera. Termasuk dalam kebijakan kurikulum pendidikan di suatu daerah.

Seminar Nasional Olahraga 3

Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemepora, Drs. Washinton mengungkapkan instansinya memiliki berbagai program untuk meningkatkan kualitas olahraga. Salah satunya melalui pemanduan dan pengembangan bakat. Disamping itu juga menyiapkan kompetisi usia muda, serta mengembangkan dan IPTEK olahraga. Melalui seminar nasional dan workshop olah raga ini, kita berharap akan lahir atlit-atlit nasional potensial dari kampus Unimed, serta akan muncul guru-guru olah raga profesional dari Unimed yang mampu membentuk siswa-siswa dan generasi muda di masyarakat untuk cinta olahraga dan melahirkan bibit-bibit baru atlit nasional kedepannya.

Dr. Budi Valianto, Dekan FIK Unimed setelah acara pembukaan menyatakan komitmennya bahwa FIK Unimed akan berupaya terus membangun budaya akademik  yang siap memberikan stimulus bagi dosen dan mahasiswa agar berinovasi dalam melahirkan atlit-atlit nasional dan guru olahraga profesional yang unggul. Sehingga akan mampu bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.(Humas Unimed)