PENGUMUMAN
PKM

Proposal Kegiatan Mahasiswa Unimed Meningkat

Medan- Wakil Rektor Bagian Kemahasiswaan menggelar workshop penulisan program kreativitas mahasiswa (PKM) di Gedung Digilib selama dua hari, 19-20 April 2017. Menghadirkan Prof. Dr. Sundani Nurono Suwandi (Guru Besar ITB) dan Prof. Dr. Wilis Srisayekti (guru Besar UNPAD) sebagai narasumber.

Narasumber memberikan pengetahuan tentang pemantapan persiapan Monev PKM tahun 2017 sebagai langkah menuju pimnas 2017 dan FGD PKM 7 Bidang, yang diharapkan menambah jumlah proposal PKM yang lulus di tingkat nasional.  

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Rektor I Prof. Dr. Hamid K, M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, MS, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Dekan FT, Dekan FMIPA, Dekan FIS, Wakil Dekan se-lingkungan Unimed, Dosen dan ratusan mahasiswa peserta PKM 2017.

Ketua Panitia mengatakan pada 2016 sebanyak 320 proposal PKM 5 Bidang yang diajukan oleh Unimed, ada 19 proposal lulus didanai oleh Dirjen Belmawa Pendanaan PKM tahun 2017. Ke 19 proposal tersebut, 9 proposal dari FMIPA, 5 proposal dari FBS, 3 proposal dari FBS, 3 proposal dari FIP, 1 proposal dari FIS dan 1 proposal dari FT. Selain itu, terdapat 1 proposal PKM GT dari FIS dan 1 proposal PHBD dari FT.

Untuk pengajuan tahun 2017 pendanaan 2018 sudah terkumpul sebanyak 709 proposal PKM, dengan rincian 46 PKM dari FIP, 120 PKM dari FMIPA, 142 PKM dari FIS, 127 PKM dari FT, 132 PKM dari FBS, 66 PKM dari FIK, dan 77 PKM dari FE.  

Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. mengatakan PKM dari mahasiswa mengalami peningkatan drastis dari tahun-tahun sebelumnya, kami turut mengapresiasi atas peningkatan ini. Hal ini tak terlepas dari kerja keras dari bidang kemahasiswaan yang mendorong mahasiswa untuk menulis PKM. Sebelumnya kita melakukan roadshow ke fakultas-fakultas guna membina dan membimbing mahasiswa untuk mendongkrak mahasiswa menulis PKM. Dari target awal kita tembus 1000 PKM, 709 PKM yang sudah terkumpul, ini juga sudah baik. Semoga setelah acara ini akan meningkat lagi jumlahnya. Kita semakin optimis untuk menembus 1000 PKM tahun depan. Dan semoga PKM yang lulus nantinya dapat berkompetisi secara nasional dan meraih medali emas.  (Humas Unimed)