PENGUMUMAN
Pusdibang-KS

PUSDIBANG-KS Ajak Mahasiswa UNIMED Peduli Masalah Sosial

Medan (Unimed) – Pusdibang-KS Unimed menggelar Pelatihan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIKM) yang tujuannya mengajak Mahasiswa untuk peduli terhadap masalah-masalah sosial, karena mahasiswa merupakan agent of change. Masalah sosial tersebut seperti kependudukan, kesehatan reproduksi, kenakalan remaja, bahaya narkoba, maupun masalah akademik. “Mahasiswa perlu mempunyai wawasan tersebut yang nanti para peserta pelatihan akan menjadi kader di Pusdibang-KS untuk memberikan informasi dan konseling kepada teman-temannya yang lain”, kata Ketua Pusdibang-KS Dr. Farihah, M.Pd ketika membuka Pelatihan tersebut pada Selasa (26/4), bertempat di Ruang Sidang Lemlit Unimed.

PIKM diselenggarakan oleh Pusdibang-KS yang bertujuan melatih mahasiswa untuk menjadi sumber informasi dan pelayanan bagi teman sejawatnya dalam bidang akademik, maupun psikis. Peserta pelatihan sebanyak 30 mahasiswa dari berbagai fakultas. Diharapkan peserta tersebut dapat menjadi kader Pusdibang-KS Unimed.

Sulaeman Lubis, SE., MM yang menjadi salah satu narasumber menekankan pentingnya mahasiswa untuk aktif beroganisasi dan peduli terhadap permasalahan sosial dimasyarakat. Menurutnya, mahasiswa tidak cukup mempunyai IPK yang tinggi tetapi mahasiswa perlu juga mempunyai pengalaman, skill atau keterampilan dan relasi. “Itu semua didapatkan dari organisasi”, katanya.

Pusdibang-KS merupakan salah wadah untuk berorganisasi mahasiswa Unimed yang peduli terhadap masalah-masalah sosial, seperti kesehatan reproduksi, bahaya narkoba, kenakalan remaja. Dengan aktif di organisasi mahasiswa akan mudah bergaul dan diterima oleh masyarakat.

Nurul Azmi, salah seorang mahasiswa FBS Unimed yang mengikuti kegiatan pelatihan ini mengungkapkan, “kami sangat senang mengikuti pelatihan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kami terhadap permasalahan sosial kemasyarakatan. Sehingga pada saat kami nanti bermasyarakat, pengetahuan dan wawasan tersebut menjadi bekal untuk lebih siap dan peduli terhadap penderitaan masyarakat. Juga ada sesuatu yang dapat kami lakukan bersama masyarakat agar meminimalisir permasalahan yang ada seperti kesehatan reproduksi, bahaya narkoba, kenakalan remaja dan permasalahan lainnya. (Humas Unimed).