PENGUMUMAN
BKKBN 3

Pusdibang-KS Dan BKKBN Ajak Mahasiswa Baru Pahami Kesehatan Reproduksi

MEDAN (Unimed) – Pusat Studi Pengembangan Keluarga Berencana (Pusdibang-KS) Unimed bekerjasama dengan BKKBN Propinsi Sumatera Utara menggelar kuliah umum tentang reproduksi remaja. Acara yang digelar di Digital Library Unimed, Sabtu (9/9) ini sekaligus dalam rangka menyambut mahasiswa baru Unimed tahun 2017. Tujuannya, untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang kondisi kependudukan dan tantangannya kedepan.

Menghadirkan narasumber Wakil Rektor II Dr. Restu M.S dan Kepala BKKBN Propinsi Sumut  Drs. Temazaro Zega, M.Kes, acara tersebut disesaki oleh sekita 600-an mahasiswa. Turut hadir Wakil Dekan dilingkungan Unimed.

Kepala Pusdibang-KS Unimed, Dr. Farihah, M.Pd mengatakan acara tersebut bertujuan untuk merubah pola pikir dan perilaku serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa yang sebelumnya berada dibangku pendidikan sekolah ke tahap yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi, sehingga kelak dapat membentuk SDM yang berkualitas dan berdaya saing. “Acara ini juga untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan kondisi demografi saat ini,” paparnya.

Sementara itu, Dr. Restu, M.S mengungkapkan Indonesia akan menghadapi bonus demografi, dimana saat itu jumlah penduduk usia produktif diprediksi mencapai 70%. Generasi tersebut tersebut akan berbeda cara pengajarannya dengan generasi sekarang. Oleh sebab itu, Unimed kedepan akan terus melakukan berbagai terobosan untuk menjawab tantangan tersebut.

Drs. Temazaro Zega, M.Kes mengatakan generasi muda harus memiliki pertahanan diri terhadap  berbagai persoalan yang menjerusmuskannya kepada perilaku negatif. “Ketika remaja termasuk mahasiswa memahami dan meng-implementasikan makna dan tujuain dari kesehatan reproduksi, maka mereka akan mempunyai pertahanan untuk terhindar dari seks bebas, pernikahan dini, dan Napza, dan ketika kalian mampu memahami pentingnya kesehatan reproduksi untuk menghindari Triad KRR, maka kalian akan mampu berprestasi di dunia perkuliahan ini dan pekerjaan nantinya, sehingga kalian dapat menjadi generasi harapan bangsa, karena di tangan kalian lah kami berharap agar dapat melanjutkan dan mewujudkan cita-cita Bangsa kita,” pungkas Zega.