PENGUMUMAN
Olimpiade Lingkungan Hidup

PUSDIP-KLH UNIMED Gelar Olimpiade Lingkungan Hidup

Medan (Unimed) – PUSDIP-KLH UNIMED menanamkan kepedulian lingkungan hidup terhadap siswa SD, SMP, dan SMA Sederajat se-Sumatera Utara. Upaya ini diwujudkan melalui Olimpiade Lingkungan Hidup yang digelar di Auditorium Unimed, Kamis (29/9). Ini adalah olimpiade ketujuh. Pertama dimulai pada tahun 2009 lalu.

Kegiatan ini juga merupakan upaya PUSDIP-KLH untuk mendorong agar sekolah-sekolah di Sumut dari tingkat SD, SMP dan SMA dapat mengembangkan ku­rikulum pendidikannya yang ber­basis lingkungan dan meng­in­­te­grasikan pendidilkan ling­kungan hidup dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Ketua Panitia, Dr. Mufti Sudibyo, M.Si mengatakan, antusias peserta tinggi. Tercatat 871 peserta mengikuti olimpiade ini. Mereka datang dari 13 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

“Kami berasumsi, sekolah-sekolah yang telah mengirimkan pesertanya, telah memiliki tingkat kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan yang tinggi,” kata Mufti.

Abdul Hamid

Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd yang membuka acara ini mengungkapkan, olimpiade ini bukan hanya mencari juara atau piala. “Sesunguhnya anak-anak kami yang datang dari sekolah ini, dengan datang kesini adalah wujud kepedulian terhadap lingkungan. Kalau kami punya banyak piala, sebenarnya ingin kami berikan kepada semua peserta yang hadir”, katanya.

Prof Hamid berharap kegiatan olimpiade ini menjadi motivasi bagi seluruh kalangan khususnya pelajar, untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. “Bisa dimulai dari menjaga lingkungan sekitar kita”, tambahnya.

Olimpiade

Salah seorang peserta siswa, Russel, mengaku mendapatkan ilmu tentang lingkungan dalam kegiatan ini. “Saya akan menyebarkan kepedulian terhadap lingkungan ini kepada teman-teman. Kita juga harus cinta pada hewan langka,” ucapnya.

Russel mengaku, selama ini ia dan teman-temannya mengelola limbah plastik di sekolah. Mereka membuat mobil-mobilan dan kincir-kinciran dari limbah botol minuman kemasan. (Humas Unimed).