PENGUMUMAN
PKM01

Ratusan Dosen dan Mahasiswa Unimed Ikuti BIMTEK PKM

Medan, Sebanyak 724 mahasiswa Unimed dan 200 dosen pembimbing antusias ikuti kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM Unimed) selama dua hari. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Wakil Rektor III di Digital Library Unimed dan Aula FMIPA pada 19-20 Oktober 2017.

Kegiatan tersebut meliputi Bimbingan Teknis Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang yang digelar di Lt.IV Aula Digilib Unimed dan Aula FMIPA, serta Training of Trainer bagi dosen pendamping di Lt. IV Ruang Senat Digilib Unimed. Ke-724 mahasiswa yang berasal dari 7 fakultas ini merupakan mahasiswa yang telah memiliki Proposal PKM untuk diikutkan pada program hibah PKM yang setiap tahunnya digelar oleh Kemristekdikti. Ada lima bentuk PKM yang dikompetisikan dalam PIMNAS, diantaranya adalah PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Karsacipta, PKM Pengebdian Masyarakat dan PKM Penerapan Teknologi. Ada peningkatan jumlah proposal PKM pendanaan tahun 2018, yaitu 724 proposal PKM yang sudah disusun oleh mahasiswa terkait kelima bentuk PKM tersebut. Sebaran proposal PKM yang telah disusun mahasiswa adalah : FIP 97 proposal, FBS 132 proposal, FMIPA 125 proposal, FT 112 proposal, FIS 113 proposal, FIK 101 proposal, dan FE 44 proposal.

PKM03

Kegiatan ini menghadirkan narasumber nasional yakni : 1). Prof. Dr. rer nat. Sudani Nurono Soewandhi, M.Sc. (Dosen ITB), 2) Prof. Ahmad Fauzi, Ph.D (Dosen UII, Yogyakarta). Acara dibuka langsung oleh Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Turut hadir para Wakil Rektor, Direktur PPs, Asdir PPs, Dekan, Wakil Dekan, Ketua LPM dan Lemlit para dosen se-lingkungan Unimed.

Kegiatan inspiratif bagi mahasiswa Unimed ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal PKM 5 Bidang mahasiswa Unimed yang akan diunggah mulai 1-30 Nopember 2017. Melalui kegiatan ini diharapkan 50 % proposal PKM Unimed yang telah dibuat tahun ini bisa tembus ke PIMNAS 31 2018 yang akan digelar di Yogyakarta. Selain itu, melalui kegiatan ini akan disosialisasikan website pkm.unimed.ac.id oleh tim IT Unimed.

Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam arahannya mengatakan PKM ini adalah ajang bergengsi bagi mahasiswa dan universitas dalam melakukan penelitian dan karya ilmiah. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, kita harus percaya dan giat berusaha, kita bisa menembus PIMNAS. Kita menghadirkan narasumber yang berpengalaman dibidang PKM, semoga para dosen dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini bisa menerapkan kiat-kiat dan bimbingan dari narasumber dalam kepenulisan karya ilmiahnya.

“Sampai saat ini belum ada ajang ilmiah tingkat mahasiswa bergengsi selain PIMNAS. Kita sangat berkeinginan tahun 2018 nanti akan ada ratusan proposal PKM yang lolos ke PIMNAS 31 di Yogyakarta. Tahun ini kita berhasil loloskan 6 tim di PIMNAS 30 di Makassar, namun belum berhasil membawa medali. Semoga berbagai pengalaman di Makassar kemarin, dan berbagai masukkan dari narasumber ahli yang hari ini kita undang untuk memberikan bimbingan teknis dapat memicu dosen pembimbing dan mahasiswa yang telah memiliki proposal untuk lebih giat dan terus berlatih dan berlatih agar tahun 2018 kita bisa raih banyak medali, karena tahun 2016 kita pernah berhasil di 10 besar nasional. Mahasiswa Unimed dan mahasiswa UB sebagai juara umum PIMNAS berturut-turut adalah sama. Tinggal kita asah terus wawasan, skill dan semangat juang untuk siap ukir prestasi di PIMNAS tahun depan,” tutup Prof. Syawal.

PKM02

Prof. Dr. rer nat. Sudani Nurono Soewandhi, M.Sc. mengatakan dalam paparannya, setiap Universitas pada dasarnya sama semua memiliki potensi yang besar dalam membangun bangsa Indonesia, khususnya dalam penulisan PKM. Kita butuh yang namanya karateristik perguruan tinggi, sehingga ada kelebihan dan perbedaan dari perguruaan tinggi lainnya. Kita tidak boleh mengatakan kita lebih lemah dari yang Perguruan Tinggi di Jawa atau dari luar negeri, semuanya sama saja. Asal ada kemauan untuk berbenah diri menjadi lebih baik, potensi itu terbuka lebar. (Humas Unimed)