PENGUMUMAN
Pelatihan Wirausaha

Ratusan Mahasiswa Bidik Misi UNIMED Dilatih Berwirausaha

Medan (Unimed) – Ratusan mahasiswa bidik misi tahun 2016 mengikuti sosialisasi bidik misi dan peningkatan kualitas diri menjadi wirausaha sukses. Acara tersebut digelar di Auditorium Unimed pada 28 November 2016. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, staf ahli WR3 dan ratusan mahasiswa angkatan 2016 penerima beasiswa bidik misi. Acara tersebut menghadirkan Asep Supanda, M.Eng (Kasubdit minat, bakat dan organisasi kemahasiswaan, direktorat kemahasiswaan, Kemenristekdikti) untuk mengisi seminar wirausaha dengan tema “membangun ekosistem kewirausahaan di lingkungan mahasiswa.”

Pada sambutannya, Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. berharap agar mahasiswa bidik misi 2016 dapat mengikuti program wirausaha tingkat nasional. “kita dapat bersaing dengan mahasiswa lain di pulau jawa, ide-ide dan gagasan wirausaha mahasiswa kita bagus-bagus namun masih belum berani tampil di kancah nasional. Saya berharap dengan kegiatan seminar dan pelatihan secara intern, kita dapat lolos program mahasiswa wirausaha tingkat nasional. Tidak ada hal yang tidak munkin kita capai, apabila kita memiliki kemauan dan kerja keras”

Wirausaha

Asep Supanda dalam paparannya mengatakan, kunci mahasiswa yang ingin sukses dalam berwirausaha adalah kemauan dan tidak takut malu. Mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang selalu mempunyai dan menemukan ide/gagasan untuk pengembangan karirnya. Terlebih-lebih jika mahasiswa tersebut mempersiapkan diri untuk menjadi seorang entrepreneur sukses, maka kreatifitas dan inovasi adalah kata kuncinya. Beberapa ide wirausaha ini yang mungkin sederhana namun ”membumi” dapat dijadikan sebagai pedoman dalam memulai menjadi seorang entrepreneur sukses. Diantaranya : jual keunikan, duplikasi usaha lain, jual keterampilan, menjadi agen, jual barang bekas, dan usaha bersama dalam tim.

Salah satu mahasiswi Bidik Misi angkatan 2016, Rina mengatakan acara seperti ini sangat bagus, membuka wawasan pengetahuan dan meningkatkan minat bagi mahasiswa untuk memulai berwirausaha. Sebenarnya kami mahasiswa penerima bidik misi harus mau dan mampu tampil beda dari mahasiswa lain, karena kami adalah mahasiswa pilihan yang mendapat biaya beasiswa dari pemerintah full hingga tamat. Melalui acara ini saya pribadi dan mengajak teman-teman agar berani memulai dibidang wirausaha, walau tergolong asing dan takut untuk memulai. Semoga acara ini bermanfaat dan memotivasi kami untuk berkenan berbuat yang terbaik untuk kampus tercinta Unimed. (Humas Unimed)