PENGUMUMAN
Oktoberfest 2016

Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Padati Oktoberfest 2016

Medan – Ratusan pelajar dan mahasiswa memadati pesta budaya Jerman yang digelar oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unimed pada 13 – 14 Oktober 2016 di Lapangan Parkir FBS Unimed. Kegiatan ini diisi dengan berbagai pameran, hiburan dan perlombaan yang mendukung pengembangan diri dan pendidikan.

Pesta budaya Jerman ini biasa disebut Oktoberfest di Jerman. Oktoberfest pada zaman dahulu merupakan acara pacuan kuda yang diselenggarakan untuk merayakan pernikan putra mahkota Ludwig I dan istrinya Therese Saxe-Hildburghausen. Perlombaan ini begitu sukses sehingga mereka memutuskan untuk mengadakan acara tersebut secara teratur. Festival Oktoberfest pun terus tumbuh dan berkembang di Jerman hingga ke penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Jika di negara asalnya Oktoberfest diisi dengan pesta bir. Tidak demikian di Unimed. Oktoberfest dimodifikasi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat dalam bidang kebudayaan, edukasi, seni dan ilmu pengetahuan sosial. “Dengan mengadakan Oktoberfest ini dapat memperkenalkan budaya Jerman di Indonesia, khususnya di kota Medan. Tiap tahun diselenggarakan di Unimed adalah bentuk partisipasi kami sebagai mahasiswa pendidikan bahasa Jerman, selain mempelajari bahasanya kami juga mempelajari budayanya. Ada yang berbeda pada tahun ini, acara oktoberfest ini kita membuat audisi raja dan ratu Jerman dan juga cosplay ala Jerman, sehingga menambah kesan kental nuansa Jerman di FBS”, ujar panitia Oktoberfest 2016 FBS Unimed, Widya Sofiana.

Acara tersebut dimeriahkan dengan pawai keliling kampus Unimed oleh peserta dan panitia, penampilan tari-tarian khas Jerman, bazaar makanan dan aksesoris khas Jerman, aneka perlombaan seperti Cerdas Cermat Bahasa Jerman tingkat pelajar, Rangking 1 tingkat guru, visualisasi puisi, pop song, lomba tari, presentase karya daur ulang tingkat pelajar, kontes konig und konigin, lomba debat tingkat mahasiswa dan acara hiburan.

Ketua Jurusan Bahasa Asing Dr. Evi Eviyanti, M.Pd, mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa serta seluruh pembelajar bahasa Jerman di Medan. Selain itu kita juga berharap akan banyak lahir siswa-siswa dan sekolah yang berminat mempelajari bahasa Jerman dalam menambah skill dan kompetensi tambahan para siswa. Kita civitas Jurusan Bahasa Asing dan Prodi Pendidikan Bahasa Jerman siap membantu dalam mewujudkan harapan tersebut.

Sementara itu, Wakil Dekan II FBS Unimed Drs. Basyaruddin, M.Pd. yang membuka acara ini berharap agar Oktoberfest 2016 yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jerman pada tahun ini mengangkat tema “Symphonie als das Denkmal der Kulturelle”, dapat menjadi wadah dan wahana bagi mahasiswa dan pelajar untuk mengenal budaya Jerman lebih dalam. Mewakili pimpinan FBS, kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini. Karena Fakultas Bahasa dan Seni selalu menampilkan keunikan bahasa dan juga karya seni. Semoga acara ini dapat terselenggara dengan baik dan tertib. (Humas Unimed).

2 comments

  1. Hallo admin,

    saya ingin kasih masukan/ralat:
    Oktoberfest pada zaman dahulu BUKAN merupakan acara pesta panen yang diselenggarakan setiap tahun di Jerman.
    Oktoberfest dirayakan untuk merayakan pesta perkawinan raja Ludwig II (Raja Bavaria/Bayern).
    Info: http://www.oktoberfest.de/de/article/Oktoberfest+2016/Geschichte/Die+Geschichte+des+Oktoberfests/621/

    Terimakasih

    • Baik, sudah kita revisi kembali agar tidak terjadi kekeliruan informasi.
      Oke, terima kasih atas masukan dan sarannya.