PENGUMUMAN
Hari Anak Nasional

Rayakan Hari Anak Nasional, UNIMED Gelar Festival Anak

MEDAN (Unimed) – Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak Universitas Negeri Medan (PSGPA UNIMED) peringati hari anak nasional dengan berbagai acara menarik dengan tajuk Festival Anak. Acara ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian PSGPA Universitas Negeri Medan terhadap anak-anak Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Utara dalam mengembangkan kreatifitas, kebebasan berekspresi, menggali potensi diri, dan penanaman pendidikan berkarakter.

“Acara ini untuk menggali dan menyalurkan bakat anak-anak kepada arah yang positif”, ujar Kepala PSGPA Unimed Dr. Esi Emilia, M.Si pada pembukaan acara yang digelar di Gedung Serbaguna Unimed, Kamis (3/8).

Esi menjelaskan, Festival Anak berlangsung selama tiga hari dari tanggal 3 sampai 5 agustus 2017. Acara diisi denga lomba, donasi buku dan seminar. Kegiatan lomba yang digelar, yakni: lomba menggambar tingkat Sekolah Dasar (SD/Mi), Lomba menulis cerita pendek tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), Lomba Musik Kreatif dan membuat Blog untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MA).

Hari Anak Nasional 2

Sedangkan kegiatan donasi buku merupakan kegiatan pengumpulan buku-buku bekas layak baca baik buku pelajaran, buku ilmiah maupun buku cerita. “Buku yang terkumpul akan didonasikan ke anak-anak di Panti asuhan, Rumah Baca, dan Pustaka keliling”, pungkas Esi.

Sementara itu, koordinator acara Dr. Rahmat Mulyana, M.Si mengungkapkan, seminar tentang anak juga akan digelar pada 5 agustus 2017 yang direncanakan digelar di Digital Library Unimed. Tema yang diangkat yakni “Membangun Remaja Berkarakter”.

“Pembicara dalam seminar ini adalah Rektor UNIMED, Tokoh Pemerhati anak, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Kepolisian. Semua acara ini gratis,” ujar Mulyana.

Hari Anak Nasional lahir sebagai upaya menjamin pemenuhan hak anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, terlindungi dari kekerasan dan diskriminasi.Peringatan Hari Anak Nasional  juga sebagai wahana kampanye untuk mengajak seluruh komponen warga atau bangsa Indonesia, untuk melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 yaitu tentang perlindungan anak. (Humas Unimed).