PENGUMUMAN
acara di USU

Rektor Bersama WR Hadiri Pengukuhan Guru Besar M. Fidel Ganis Siregar WR II USU

Medan, 4/7. Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, bersama seluruh Wakil Rektor menghadiri acara Pengukuhan Guru Besar Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked. (O.G.), Sp.OG (K), yang juga selaku Wakil Rektor II USU Bidang Keuangan dan Sumber Daya Manusia). Kehadiran Prof. Syawal Gultom (Rektor), Prof. Abdul Hamid K (WR1), Dr. Restu, (WR2), Prof. Sahat Siagian, (WR3) dan Prof. Manihar Situmorang (WR4) atas undangan resmi langsung dari Rektor USU dan Prof. Dr. dr. M. Fidel Hanis Siregar, M.Ked. yang hari ini dikukuhkan secara resmi oleh Rektor USU sebagai Guru Besar Tetap dalam bidang Obstetri dan Ginekologi pada Fakultas Kedokteran USU. Acara pengukuhan di gelar di gedung gelanggang mahasiswa kampus USU pada selasa, 4 juli 2017

Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked. (O.G.), Sp.OG (K), dikukuhkan secara resmi oleh Rektor USU Prof. Dr. Runtung, M.Hum, sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran USU. Didalam orasinya sebelum dikukuhkan beliau (M. Fidel Ganis Siregar) menyampaikan orasi dengan judul Monopouse? Siapa Takut!.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dikantornya setelah menghadiiri acara pengukuhan guru besar tersebut mengungkapkan, saya selaku pribadi dan mewakili pimpinan serta seluruh civitas Unimed mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked. (O.G.), Sp.OG (K), sebagai Guru Besar Tetap dalam bidang Obstetri dan Ginekologi pada Fakultas Kedokteran USU. Beliau adalah Wakil Rektor II USU saat ini, dan kami saat dekat dengan beliau karena sering bersama dalam kegiatan-kegiatan akademik dan sosial dimasyarakat. Kehadiran saya dan para wakil rektor adalah atas undangan langsung dari Rektor USU dan beliau. Antara USU dan Unimed tidak bisa dipisahkan, karena USU merupakan ibu kandung Unimed. Unimed lahir dari FKIP nya USU pada waktu itu. Jadi kami sangat ingin Unimed dan USU itu menjadi kampus terbaik dan maju di negeri ini. Jika harapan ini terwujud kan nama baik Sumatera Utara akan menjadi harum karena memiliki kampus kebanggaan rakyat, bangsa dan negara. Unimed dan USU akan terus bergandengan tangan untuk mewujudkan harapan itu.

Lanjut Prof. Syawal, kehadiran kami dalam acara pengukuhan guru besar Wakil Rektor II USU Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked. (O.G.), Sp.OG (K), ini sebagai ungkapan nyata bahwa kami Unimed ikut bahagia dan bangga atas dikukuhkannya beliau sebagai Guru Besar yang merupakan jabatan akademik tertinggi dalam kampus. Semoga pak Fidel dapat terus berkarya untuk kemajuan USU kedepannya. Sekali lagi kami mengucapkan selamat dan sukses kepada Bapak M. Fidel Ganis Siregar yang hari ini dikukuhkan secara resmi sebagai guru besar oleh Rektor USU.

Sementara dalam orasi ilmiahnya, Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked. (O.G.), Sp.OG (K), mengungkapkan, di era modern saat ini, banyak perempuan Indonesia yang kurang memperhitungkan apa yang akan terjadi pada dirinya untuk masa akan datang. Ditambah lagi meningkatkanya umur harapan hidup perempuan Indonesia mengakibatkan bertambahnya jumlah perempuan yang memasuki masa monopouse. Masa ini merupakan suatu transisi ditandai dengan perubahan siklus menstruasi sehingga diperlukan upaya peningkatan dan pemeliharaan kesehatan agar tetap sehat, pruduktif dan mandiri. Untuk mendapatkan optimalisasi kualitas hidup perempuan monopouse tergantung dari status kesehatan per individu, gaya hidup, fungsi fisik, kestabilan psikologi dan emosi. Hubungan antar personal yang positif (termasuk pasangan seksual), pendidikan, aktivitas profesi, lingkungan budaya dan hubungan sosial sebelum monopouse, ungkapnya.

Acara pengukuhan Guru Besar tersebut di tutup dengan pemberian ucapan selamat dari para undangan yang hadir kepada Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked. (O.G.), Sp.OG (K), dan dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang bersama. (Humas Unimed).