PENGUMUMAN
PPL

Rektor Lepas 3520 Mahasiswa Untuk PPLT di 8 Wilayah

MEDAN (Unimed) – hari ini Kamis, 31 Agustus 2017 seluruh pimpinan Unimed lengkap ; dari Rektor, dekan FBS, FIS, FIK, FE dan FIP, Direktur Pascasarjana hadir secara khusus untuk memberangkatkan 3520 mahasiswa yang akan melaksanakan program pengalaman lapangan terpadu de sekolah-sekolah bermutu di 8 wilayah Sumatera Utara. Turut hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumatera Utara untuk memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa yang akan PPLT. Acara berlangsung di Gedung Serbaguna Unimed dengan semangat penuh para mahasiswa dan dosen pembimbing.

Pola pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) tahun ini berbasis prodi. Dengan substansi pola pelaksanaan banyak melibatkan Prodi dalam hal pembimbingan para mahasiswa, bekerja sama dengan guru pamong, membekali, dan membimbing di sekolah selama 3 bulan kedepan dimulai minggu pertama September hingga akhir Nopember 2017 (selama 12 minggu efektif).

Rencana pelaksanaan PPLT ini hanya terbatas di beberapa kabupaten kota : Medan dan Deli Serdang, namun karena realitas fakta karakteristik Prodi yang beragam di Unimed, maka beberapa prodi harus melaksanakan PPLT di Kabupaten Tobasa, Kota Tebing Tinggi, Kota Pematang Siantar, Asahan, Sibolga dan kota Binjai. Selain sekolah di bawah Kemendikbud, pelaksanaan PPLT juga melibatkan sekolah dari Kementerian Agama.

Prodi yang spesipic yang melaksanakan  PPLT di Kabupaten Kota : Binjai, Tebing Tinggi, Sibolga, Asahan dan Tobasa adalah Prodi Tata Boga, Tata Rias, Tata Busana, Teknik Bangunan, Teknik Otomotif, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Tata Niaga, Adm Perkantoran dan Program Bilingual FMIPA.

Prodi yang akan mengikuti Program Pengalaman Terpadu di beberapa kabupaten kota di provinsi Sumatera Utara adalah : Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Ingrris, Pendidikan bahasa Jerman, Penddikan Seni Musik, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan deni tari, Pendidikana administrasi perkantoran, Pndidikan Akuntansi, Pendidikan Tata Niaga, Pendidikan Ekonomi, PJKR/ PJS, pendidikan jasmani sekolah, pendidkan kepelatihan olahraga, Pendidikan geogafi, pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Antropologi, Penidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Program Bilingual, Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Busana, PKK, Pend.Tata Rias, Pend Teknik Bangunan, Pend. Teknik Elektro, Pend.Teknik Mesin, Pend. Automotif, PGSD, PAUD, dan Pend. Bimbingan Konseling.

Ada 31 Prodi Kependidikan yang masing-masing mahasiswanya akan melaksanakan program PPLT tahun 2017, yakni ; 3 prodi di FIP, 7 Prodi FBS, 4 Prodi di FIS, 5 Prodi di FMIPA, 4 Prodi FE, 2 Prodi di FIK, 7 Prodi di FT semuanya berjumlah 31 prodi. Sebanyak 358 orang Dosen Pembimbing  Lapangan (DPL) siap membimbing seluruh mahasiswa dalam mengembangkan ilmu nya di lapangan nanti. Dalam program ini jumlah sekolah yang dilibatkan meliputi PAUD/TK, SD, SMP, SMK,SMA .Yang tersebar di beberapa kabupaten kota sebnyak 188 sekolah.

Kepala UPPL Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada bapak Rektor, dan para Wakill Rektor I, bapak/ibu Dekan Ketua Prodi, Kepala Dinas Pendidikan Tk. I Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Pendidkan Kabupaten/Kota yang hadir dan seluruh mahasiswa yang akan mengikuti PPLT. Dipelepasan ini kita awali dengan doa kepada Tuhan YME semoga pelaksanaan PPLT tahun ini dapat berjalan dengan dengan sukses dan aman. Kami perpesan kepada para mahasiswa agar dapat menjaga diri dan secepatnya bisa berbaur dengan masyarakat lokasi PPLT agar mudah kita melaksanakan PPLT, serta bersegeralah berkoordinasi dengan dosen DPL dan kami dikampus jika ada sesuatu masalah yang mengganggu jalannya PPLT dilapangan.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, setelah menyampaikan sambutan, secara resmi melepas kerangkatkan Mahasiswa PPLT untuk menerapkan ilmunya dan menimba pengalaman dalam program PPLT disekolah-sekolah tempat pengabdian nantinya. Rektor menyampaikan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) ini sangat penting dilakukan bagi mahasiwa kita, khusus nya pendidik, karena selain menambah wawasan mereka juga menambah pengalaman dalam mendidik “agar ketika kalian menjadi seorang pendidik nanti kalian sudah siap menghadapi dunia pendidikan dan siap membagi ilmu yang kalian miliki kepada siswa/siswi di sekolah-sekolah tempat kalian mengabdi nanti, karena untuk menciptakan negara yang maju harus dimulai dari pendidikan”,ungkapnya.

“Saya, kami seluruh civitas akademik Unimed berharap seluruh mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Jagalah nama baik Unimed, dan harus jujur dalam melaksanakan tugas ataupun melakukan tindakan, karena kejujuran adalah sifat positif manusia, kejujuran adalah bagian dari harga diri yang harus dijaga karena bernilai tinggi, kehilangan uang dapat dicari lagi tetapi kehilangan kejujuran tidak bisa dicari lagi, dan jangan lupa harus sering introspeksi diri” sambungnya.

Sekali lagi kami ucapkan semoga mahasiswa/i yang akan menjalani PPLT ini selalu diberi kesehatan dan tetap semangat mengimplementasikan ilmunya di sekolah penempatan. Selamat sukses untuk saudara semuanya. (Humas Unimed).