PENGUMUMAN
pelepasan ppg

Rektor Lepas Ratusan Mahasiswa PPL PPG SM3T UNIMED

MEDAN (Unimed) –  Rektor Unimed lepas ratusan mahasiswa PPL PPG SM3T Angkatan V Unimed di lantai 4 Digital Library (31/07). Pada kegiatan tersebut turut hadir Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd., Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd., Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Si, Ph.D. dan para dosen pemdamping PPL PPG SM3T Unimed.

Pada laporannya, ketua koordinator SM3T Dr. Zulkifli Matondang, M.Si. mengatakan sebanyak 224 orang dari 12 prodi didampingi oleh 62 dosen pendamping dan 113 guru pamong akan melaksanakan PPL PPG SM3T angkatan V selama 4 bulan mulai dari Agustus – Oktober 2017 di sekolah mitra Unimed. Sebanyak 24 sekolah yang dilibatkan dapat PPL tersebut, antara lain 6 Sekolah Dasar, 3 Sekolah Menengah Pertama, 9 Sekolah Menengah Atas, dan 6 Sekolah Menengah Kejuruan. Pada akhir kegiatan PPL PPG SM3T pada bulan Desember, para peserta akan mengikuti ujian nasional untuk mendapatkan sertifikat pendidik.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan “PPG adalah benteng terakhir bagi bangsa Indonesia untuk menyaring dan memperbaiki kualitas mutu guru profesional. Saat ini begitu banyak lulusan sarjana pendidikan dari ratusan LPTK baik yang terakreditasi maupun yang tidak terakreditasi, namun tidak bisa dijamin dan dikontrol kualitas dan kuantitasnya. Bahkan ada LPTK yang mengeluarkan ijazah tapi tidak ada perkuliahan. Dengan PPG ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar guru yang profesional. Sehingga pendidikan Indonesia bisa berkompetisi baik secara nasional, asean dan Internasional.”

Lanjutnya “Para peserta PPG SM3T harus berbeda cara mengajarnya dengan guru-guru yang belum PPG, ciptakan self education, self evaluation, dan self innovation. Mengajarlah dimulai dari nurani dan sikap kemudian dilanjutkan dengan kemampuan berfikir dan keterampilan, sayangilah dan bimbimnglah murid sebagai adik kandung kalian sendiri. Pada proses PPL PPG  SM3T ini, bukan lagi belajar cara mengajar karena sebelumnya kalian sudah mengajar setahun di SM3T, nantinya kalian harus bisa mengimplentasikan workshop dan pembelajaran yang kalian lakukan selama PPG. Semoga dapat memberikan perubahan besar bagi pendidikan Indonesia. Akhir kata kami atasnama pimpinan mengucapkan selamat melaksanakan PPL PPG SM3T, jaga nama baik kalian, almamater Unimed, dan juga keluarga. Berikan pelayan pendidikan dan pengabdian terbaik, karena kalianlah mata air ketauladanan.” (Humas Unimed).