PENGUMUMAN
MBS Labuhan Batu Utara

Rektor UNIMED Beri Bimbingan MBS Kepsek & Pengawas Se-Kabupaten Labuhan Batu Utara

Aek Kanopan – Salah satu fokus pembangunan pemerintah daerah kabupaten Labuhan Batu Utara (LABURA) adalah bidang pendidikan. Unimed menjadi perguruan tinggi yang digandeng untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten ini. Terbaru, Unimed memberikan bimbingan dalam bentuk seminar tentang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) kepada seluruh Kepala Sekolah dan Pengawas yang ada di Kabupaten Labura, Sabtu (24/10/2015).

Sekitar 800-an kepala sekolah dan pengawas sekolah tampak hadir mengikuti acara dimana Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd sebagai pembicara tunggal. Bertempat di Aula Fajar Dolpa, Aek Kota Batu, Labura, hadir pula Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D, Dekan, dan beberapa orang dosen Unimed. Hadir pula Bupati Kabupaten Labura H. Kharuddin Syah, SE., Ketua DPRD Labura Drs. Ali Tambunan, dan Kepala Dinas Pendidikan Labura Ismael Hasibuan, SE., M.M.

Prof Syawal Gultom dalam paparannya mengungkapkan, tujuan dari implementasi MBS adalah pemberian otonomi yang lebih luas kepada sekolah berdasarkan prinsip tata kelola sekolah yang baik dalam pengambilan keputusan untuk peningkatan layanan pendidikan. Namun, MBS tidak dapat berbuat banyak jika kepemimpinannya tidak kuat. “Manajemen tidak dapat berbuat apa-apa kalau kepemimpinannya tidak kuat”, ujar Prof Syawal.

Oleh karena itu, manajemen sekolah bermula dari rekrutmen kepala sekolah yang baik. “Biarkanlah guru-guru yang bagus itu menjadi kepala sekolah, dan kepala sekolah yang bagus itu menjadi pengawas sekolah”, tambah Prof Syawal.

Prof Syawal tidak lupa mengajak Kepala Sekolah yang hadir agar mendorong guru-guru di Kabupaten Labura menjadi guru yang inspiratif, karena guru akan berhasil mengajarkan ilmu pengetahuan jika mampu mengispirasi siswanya. “Jika jadi kepala sekolah jadilah kepala sekolah yang inspiratif, jadi guru, jadilah guru yang inspiratif”, pungkasnya.

Bupati Labura Kharuddin Syah, SE berharap peserta dapat menerapkan MBS dan berterimakasih kepada Prof Syawal Gultom yang memberikan banyak pencerahan dalam tata sekolah di Kabupaten Labura. “Semoga pertemuan baik ini akan membawa Pendidikan di Kabupaten Labuhan Batu Utara ini menjadi maju dan dapat terus berprestasi. Saya berharap Labura terus bisa mengukir prestasi di bidang pendidikan di SUMUT dan nasional. Kita akan gandeng terus Unimed untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut”, ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Drs. Ali Tambunan mengajak peserta yang hadir untuk dapat mengimplementasikan yang didapatkan dalam seminar tersebut. “Kami juga DPRD Labura siap mendukung dan mensukseskan cita-cita pemerintah Labura untuk mewujudkan pendidikan yang maju dan berprestasi”, katanya. (Humas Unimed).