PENGUMUMAN
Del

Rektor Unimed Beri Motivasi Ratusan Pelajar SMA Unggul Del

TOBA SAMOSIR,15/7. Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, memberikan motivasi kepada ratusan siswa-siswi SMA Unggul Del pada acara Wisuda Angkatan III, dan Inagurasi Siswa Baru Angkatan VI, di Toba-Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (15/7). Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Kemaritiman Jend. Luhut Binsar Panjaitan, selaku Pembina Yayasan Del, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, yang diundang untuk memberikan orasi ilmiah dengan tema “pengembangan karakter” dan memberitan motivasi kepada siswa/i SMA Unggul Del, turut hadir juga dari Unimed Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. Wakil Rektor II Dr. Restu. MS. Pejabat Pemda beserta SKPD Samosir juga turut hadir.

Sekolah SMA Unggul Del Lagoboti merupakan satu SMA Unggulan yang ada di Sumatera Utara. Tidak mudah bisa masuk untuk belajar di SMA ini, karena hrs bersaing dgn ribuan siswa dari berbagai daerah di dalam dan luar SUMUT. SMA Unggul Del yang beralamat di jln. YP Arjuna Sitoluama Laguboti Samosir ini memiliki motto : a noble school for noble winners. didirikan april 2012 atas prakarsa Jend. Luhut Binsar Panjaitan, tokoh-tokoh Samosir dan Pemda Samosir. Sekolah unggulan yang secara fisik megah dan lengkap ini memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler yakni science club (fisika, biologi, kimia, matematika, astronomi) ansanbel, paduan suara, band, jurnalistik, futsal, basket, atletik, badminton, OSN (fisika, matematika, biologi, kimia, geografi dan ekonomi) serta pramuka.

Luhut Binsar Panjaitan

Dalam paparanya Prof. Syawal Gultom meminta pelajar SMA Unggul Del untuk bisa terus bersaing di kanca nasional dan bahkan dunia. Prestasi-prestasi yang diraih oleh seluruh siswa itulah yang akan menjadi dasar kepercayaan masyarakat luas terhadap mutu sekolah ini. Saya sudah saksikan bahwa sekolah ini telah memiliki sarana dan prasana yang cukup memadai, bahkan SMA negeri di kota kalah, atas dasar itu saya yakin sekolah ini akan melahirkan lulusan yang bermutu dan siap bersaing untuk sukses masuk PTN terbaik di Indonesia bahkan di dunia.

Selain siswa yang terus berprestasi, hal penting lainnya untuk memajukan sekolah SMA Unggul Del ini adalah manajemen sekolah dan kualitas pembelajaran yang dilaksanakn guru dan siswa di kelas, karena tanpa beberapa hal ini, tak akan munkin melahirkan siswa yang bermutu dan berkarakter. Di pundak kepala sekolahlah semua tumpuan dan harapan SMA ini dapat mencapai visi dan misinya. Kepsek harus mampu membangun tim yang solid, kompak dan berkomitmen dalam membangun bersama SMA ini mnjadi sekolah yang unggul sesuai namanya. Untuk menghantarkn siswa-siswi yang siap berdaya saing, kurikulum harus diarahkn tidak hanya membentuk lulusan yang cerdas dan terampil, tapi yang sungguh penting ada pembentukan karakter yang berbudi luhur. Keserdasan dan skill tidak akan bermakna baik,jika karakter siswa tidak dibentuk

Luhut Binsar Panjaitan  2

Prof. Syawal berkisah, dirinya merupakan seorang murid dari sebuah kampung di Samosir ini, yang tidak punya cita-cita untuk menjadi Rektor di PTN. Ia mengaku tinggal di desa, dengan penuh keterbatasan ekonomi, namun hal itu tidak mematahkan semangat untuk bisa kuliah di kota Medan. Bahkan karena keterbatasan media belajar, dulu koran-koran bekas itulah jadi bacaan saya.

“Saya boleh lahir dari keluarga yang kurang mampu, saya boleh lahir dari pelosok, tapi tidak boleh mati dalam keadaan bodoh dan miskin,” ujar Prof. Syawal, kepada pelajar SMA Unggul Del.

Menurutnya, tidak ada yang tidak bisa dicapai jika memiliki niat dan kerja keras. Ia bercerita, pelaut ulung lahir di ombak besar. Maka, beruntunglah anda yang di lahirkan sebagai siswa SMA Unggul Del, saya yakin pasti anda menjadi seorang petarung.

“Saya yakin kalian bisa menggetarkan Indonesia 10 sampai 20 tahun ke depan,” ucap dia.

Namun, Prof. Syawal menyebut tidak mudah untuk bisa menjadi orang sukses. Butuh disiplin, kejujuran, serta komitmen dan bekerja keras. Tidak ada kesuksesan yang datang dengan gratis. “Boleh kita orang kampung, tapi otak mengglobal dan rezeki menasional,” tutur dia.

Bahkan, Prof. Syawal sempat menantang pelajar-pelajar tersebut untuk menjadi orang sukses, dan bisa kembali ke kampung halaman dengan bekal ilmu pengetahuan untuk membangun Samosir menjadi daerah yang berkembang dan maju. (Humas Unimed)