PENGUMUMAN
SBMPTN 2016

SBMPTN PANLOK 14 Medan; UNIMED, USU, UINSU Gabung

Medan – Panitia Lokasi (Panlok) 14 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2016 pada 22 april 2016 menggelar kordinasi awal di ruang sidang Rektor USU.  Panlok 14 Medan terdiri dari tiga kampus PTN di kota Medan yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU).

Hadir dalam rapat kordinasi awal Panlok 14 Medan tersebut adalah : Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Ketua Panlok 14 SBMPTN Prof. Dr. Ir. Rosmayati, (Wakil Rektor I USU). Wakil Ketua Panlok 14 Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, (Wakil Rektor I Unimed), Bendahara Dr Muhammad Fidel Ganis Siregar (Wakil Rektor II USU), Wakil Bendahara Dr. Restu, M.S, (Wakil Rektor II), Sekretaris Dr. Mahyuddin K.M Nasution, (Wakil Rektor III USU), Wakil Sekretaris Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, (Wakil Rektor III USU), Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D. Wakil Rektor IV USU Prof. Bustami Syam, serta panitia Humas dan IT dari USU, Unimed dan UIN-SU. Hadir juga perwakilan dari Bank Mandiri dan Bank BNI Cabang Medan.

Rapat kordinasi awal tersebut mendiskusikan terkait informasi hasil rapat panitia nasional SBMPTN yang dilaksanakan pada 17-18 April 2016 yang lalu di Jakarta. Materi rapat tersebut fokus kepada pembagian tugas, persiapan panitia dalam sosialisasi, IT, lokasi ujian CBT dan PBT yang akan dilaksanakan di USU, Unimed, UIN-SU dan kampus/sekolah mitra yang diminta menjadi lokasi ujian.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom dalam arahannya mengatakan bahwa kita sangat bersyukur di tahun 2016 ini antara USU, Unimed dan UIN-SU bergabung dalam satu panlok yaitu Panlok 14 Medan, dalam melaksanakan SBMPTN ini. selama ini kita berpisah dalam pelaksanaan ujian masuk PTN, baik SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan UIN-SU baru bergabung dalam bentuk seleksi kedua ini pada tahun ini setelah berubah nama dari IAIN-SU menjadi UIN-SU karena dikampus mereka sudah ada 10 program studi yang umum.

Lanjut Prof. Syawal, kita panitia harus lebih siap dan matang dalam pelaksanaan kita ini nantinya, karena kita telah bersatu, tidak berpisah sebagaimana telah kita lakukan selama ini. Walau sesungguhnya selama ini kita juga melakukan kordinasi hal-hal yang prinsipil. Saya berpesan agar kita bisa lebih maksimal dalam melaksanakan proses SBMPTN di Panlok 14 tahun ini. Hal yang tidak kalah pentingnya dalam proses persiapan ini adalah melakukan sosialisasi promosi ke media-media baik cetak maupun elektronik, karena keterbatasan kita panitia menjangkau seluruh masyarakat di Sumatera Utara in. Jika kita rangkul media maka kita sangat terbantu. Di era digitalisasi sistem informasi, kita harus maksimalkan sosialisasi dan promosi melalui website kampus USU, Unimed dan UIN-SU. Jika kita rancang dengan baik dan masing-masing panitia melaksanakan tangungjawabnya, maka pasti kita akan sukses melaksanakan hajatan nasional ini dalam penerimaan mahasiswa baru ke PTN di wilayah Sumatera Utara.

Ketua Panlok 14 Medan Prof. Dr. Ir. Rahmayati, juga mengatakan agar kita dapat lebih baik lagi dalam kordinasi untuk merancang persiapan yang maksimal nantinya. Jika ada suatu kendala, maka harus dengan cepat dan sigap kita carikan solusi terbaik. Terutama persiapan sistem IT kita dan lokasi ujian yang tentu kita rancang agar tidak jauh dari kampus USU, Unimed dan UIN-SU. Semoga langkah awal bersatu ini akan membawa kebaikan dan kemajuan bagi kita dalam menerima mahasiswa baru yang betul-betul murni pilihan terseleksi. (Humas Unimed).