PENGUMUMAN
internasional

Seminar Internasional AICECEI PAUD Unimed Berlangsung Sukses

Medan – Prodi PAUD FIP Unimed menggelar seminar internasional The First Annual International Conference On Early Childhood Education Issue (AICECEI) 2017 dengan tema “Inter-Culture Education” di lt. IV Digital Library Unimed (21/10). Seminar tersebut menghadirkan narasumber, antara lain Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd. (Rektor Unimed), Assoc. Prof. Dr. Mariani Binti MD Nor (Dekan Faculty of Education Universiti of Malaya, Malaysia), dan Dr. Sofia Hartati (Ketua Assosiasi Guru PAUD Indonesia).

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Rektor I, Dekan FIK, Dekan FIP, WD I FIP, WD II FIP, WD III FIP, Kaprodi PAUD, Dosen PAUD dan ratusan peserta seminar Internasional..

Ketua panitia Drs. Aman Simare-mare, MS. mengatakan seminar ini diikuti oleh mahasiswa, dosen dan peserta dari umum yang berasal dari universitas dalam dan luar negeri seperti UINSU, UMSU, UMN, Universitas Jati, Universitas Gorontalo, UNESA, UNJ, Unimed, guru PAUD dari IGTKI dan 4 orang mahasiswa dari universitas malaya.

Pada sambutannya, rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd. mengatakan dalam pendidikan anak usia dini perlu dilakukan harmonisasi dari rumah sampai dengan perguruan tinggi agar menghasilkan generasi anak Indonesia berkarakter, kreatif dan inovatif yang dapat membawa Indonesia menjadi Indonesia Emas 2045.

Lanjut beliau mengatakan dengan diadakannya seminar internasional ini dapat merumuskan dan menata ulang kriteria dan konten pendidikan pada PAUD, proses aktifitas pendidikan yang tepat untuk PAUD, cara guru PAUD menilai, cara guru bekerjasama dengan orang tua dalam mendidik anak,lingkungan sekolah yang dibutuhkan PAUD dan kebutuhan apa yang diperlukan oleh seorang anak yang sedang tumbuh berkembang.

Narasumber Assoc. Prof. Dr. Mariani Binti MD Nor dalam paparannya mengatakan pada jaman multicultural sekarang ini diperlukan pendidikan antar budaya dalam PAUD. Dengan pendidikan antar budaya dapat menyediakan platform yang mendukung pertumbuhan mentalitas anak sehingga dapat menyambut keberagaman budaya sehingga mereka menjadi kompeten dalam hidup dan kerja di kehidupan masyarakat antarbudaya.

Ketua Assosiasi Guru PAUD Indonesia Dr. Sofia Hartati mengatakan kunci kesuksesan suatu bangsa berada pada karakter sumber daya manusianya, Proses pengkarekteran dimulai dari pendidikan. PAUD adalah jalan paling awal dalam mengembangkan karakter anak. Pendidikan karakter pada anak dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan secara holistik dan komprehensif dengan memberi contoh teladan kepada peserta didik sehingga dapat menumbukan kesadaran diri terhadap peserta didik. (Humas Unimed)