PENGUMUMAN
Seminar PAUD

Seminar Nasional PAUD “Mendidik Anak dengan Hati”

Medan – Prodi PG PAUD FIP Unimed dan Ikatan Prodi PAUD Sumatera Utara mengadakan Seminar Nasional “Mendidik Anak dengan Hati” di Auditorium Unimed pada 07 Oktober 2017. Narasumber yang menyampaikan materi yaitu; Rektor Unimed  Prof. Dr. Syawal Gultom. M.Pd. selaku keynote speaker, Fauziah Fauzan (Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang) dan Dr. Hj. Khadijah, M.Ag (Ketua Ikatan Prodi PAUD Sumut).

Seminar Nasional ini diikuti 750 peserta yang berasal dari Unimed, UIN Sumatera Utara, UMN Al-Washliyah, UMSU, Universitas Sari Mutiara, Sekolah Tinggu Ilmu Tarbiyah Ar-Raudah Langkat, guru dari ikatan guru TK Indonesia Sumatera Utara dan ikatan guru Raudhatul Athfal Sumatera Utara.

Turut hadir pada seminar nasional tersebut Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom. M.Pd., Rektor UIN Sumatera Utara Prof. Dr. Saidurrahman, M. Ag, Kaprodi PG PAUD Unimed Dra. Kamtini, S.Pd., M.Pd selaku ketua panitia dan para dosen dari berbagai kampus di Medan.

Ketua Ikatan Prodi PAUD Dr. Hj. Khadijah, M.Ag mengungkapkan, seminar nasional ini diadakan untuk membangun kerjasama antar ketua prodi PAUD di Sumatera Utara dalam pengembangan pendidikan PAUD dan rancangan pelatihan berjenjang untuk dosen-dosen PAUD, serta penyusunan kurikulum PGTK /PAUD yang berorientasi pada pembentukan karakter dan pengembangan minat bakat anak didik.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom. M.Pd dalam sambutan pembukaanya mengatakan mendidik dengan hati tidak akan pernah bosan karena mendidik itu pekerjaan yang paling sulit, guru PGTK/PAUD harus bisa mendidik anak muda yang nantinya akan mengisi dan menjadi kelanjutan masa depan Indonesia. Rektor Unimed juga mengatakan mendidik dengan hati juga harus sesuai dengan konten pendidikannya didukung guru PAUD yang berkompeten dan profesional. Prof. Syawal mengharapkan dengan diadakannya seminar nasional ini dapat merumuskan kurikulum, pelatihan berjenjang dan proses pengajaran yang layak di PAUD.

“Standar kompetensi professional merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru PAUD dalam melakukan perencanaan dan proses pembelajaran. Guru yang professional adalah yang mampu menguasai materi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mendapatkan kualitas mengajar atau bisa disebut guru professional ada 4 kompetensi yang harus dicapai yakni paedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Keempat kempetensi ini bisa dimiliki guru melalui pendidikan formal, pelatihan-pelatihan dan diskusi aktif antar guru dalam organisasi. Saya berharap ikatan Prodi PAUD bisa menjadi wadan bagi guru-guru dalam membentuk keprofesionalan guru menuju hasil pendidikan PAUD sesuai yang diharapkan oleh kurikulum nasional dan orang tua. Program mendidik dengan hati dalam pendidikan di PAUD adalah suatu hal harus direalisasikan dalam proses pendidikan di kelas bagi guru PAUD,” ujar Prof. Syawal.

Fauziah Fauzan dalam paparannya mengatakan mendidik anak dengan hati dibutuhkan untuk membentuk karakter anak. Ada 5 hal yang harus dilakukan dalam mendidik anak dengan hati yaitu Memahami usia kronologis dan usia biologis anak, bahasa tubuh yang nyaman, ucapan positif dan penggunaan 5 continuum yang tepat, keteladanan dan memberikan kasih sayang. (Humas Unimed).