PENGUMUMAN
Pendidikan Geografi

SMA Negeri 1 Berastagi Studi Lapangan Ke Prodi Pendidikan Geografi Unimed

Medan (Unimed) – SMA Negeri 1 Berastagi melakukan study lapangan ke Prodi Pendidikan Geografi pada Sabtu (22/10). Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengenalkan secara langsung kepada para siswa tentang alat-alat, sarana, prasarana dan pembelajaran geografi. Mulai dari pengenalan alat-alat Geografi yang sederhana seperti kompas, GPS, Termometer, dan lain sebagainya, sampai pengenalan Geografi Modern seperti pembuatan peta dengan citra satelit, membuat peta digital menggunakan software dan lain sebagainya. Dalam kunjungan ini siswa yang datang berjumlah 120 orang terdiri dari kelas XI 1 sampai  XI 4 di bimbing oleh 5 Guru yaitu : Jon Hendri Surbakti (Geografi), Desi Anita Br Bangun (Geografi), Ratna Br Bangun (Sejarah), Eva wati Br Ginting (Ekonomi), dan Edison Sembiring (Biologi).

Acara di mulai pada pagi hari pukul 10.00 – selesai WIB, dibuka dengan kata sambutan oleh ketua jurusan Pendidikan Geografi Drs. Ali Nurman, M.Si dan dilanjutkan oleh kata sambutan oleh dosen pendidikan geografi Muhammad Ridha S. Damanik, S. Pi, M. Sc.Dalam kata sambutannya Ketua Jurusan Pendidikan Geografi menyambut baik study lapangan yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Berastagi, semoga acara berjalan dengan baik dan dapat di teruskan di kemudian hari guna membina hubungan yang lebih baik lagi.

Setelah kata sambutan, dilanjutkan dengan di mulai nya acara yang di bagi menjadi 4 grup sesuai dengan kelas masing-masing dan di rotasi sesuai dengan  posko pengenalan Geografi. Para siswa terlihat antusias pada saat melihat banyak alat dan barang yang baru pertama kali mereka lihat yang selama ini hanya dapat mereka lihat pada buku mata pelajaran. Pengenalan dan pembelajaran singkat dilakukan oleh 8 Mahasiswa dan 1 Pegawai Laboratorium Komputer Pendidikan Geografi kepada para siswa yang melewati satu per satu posko yang tersedia. Terdiri dari 4 posko mulai dari posko satu pengenalan alat-alat dan barang-barang lapangan Geografi seperti GPS, Waterpass, Theodolit, Pantograph, Kompas bidik dan lain sebagainya, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dan analisis Foto Udara. Setelah pengenalan alat dilanjutkan dengan pengenalan jenis jenis Gunug Api dan Sungai, dan yang terakhir pengenalan dan pembelajaran Geografi Modern yaitu pembuatan peta dengan citra satelit, membuat peta digital menggunakan software.

Diharapkan dengan adanya acara kunjungan ini para siswa semakin bersemangat dalam melakukan pembelajaran dapat terus dilaksanakan. Hal ini dirasa baik bagi para siswa untuk menumbuhkan ketertarikan dan menambah khasanah baru sehingga pengetahuan mereka bertambah.