PENGUMUMAN
Teknik Bangunan

Teknik Bangunan Unimed MoU Dengan Dua Perusahaan Profesional Dan Dirangkai Seminar Teknik Bangunan

Medan (Unimed) – Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Unimed terus berupaya meningkatkan kemampuan mahasiswa melalui inovasi-inovasi pembelajaran. Yang terbaru yakni seminar dan kerjasama yang melibatkan ahli konstruksi. Seminar tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pada bidang geoteknik. Demikian terungkap pada acara “Seminar Peningkatan Kualitas Intelektual Mahasiswa PTB” di Digital Library Unimed, Kamis (27/10).

Seminar ini menghadirkan narasumber kaum profesional yakni: Boy Brahmawanta Sembiring,ST.,MT.,IAI.,AA (Arsitek Prinsipal PT.Brahma Wahana Cipta Konsultan), Joshep Admika Ginting,ST. (Direktur Utama PT.Matra Bangun Technoconsult), dan Nasib M. Panggabean,S.Pd ( Deputy project manager PT.SBI)

Menurut Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd, keterampilan geoteknik merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja. Oleh karena itu, pengetahuan ini diberikan kepada mahasiswa dengan menghadirkan pakarnya langsung, yakni para ahli profesional yang telah bekerja diberbagai perusahaan konstruksi. Prof Harun berharap acara tersebut dapat meningkatkan wawasan mahasiswa.

“Dua  MoU dengan perusahaan profesional ini bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa ke dunia kerja dan mendapatkan masukan untuk perbaikan kurikulum yang bisa melahirkan lulusan yg berdaya saing. Dosen dan mahasiswa harus terus kita dorong untuk dekat dengan dunia kerja, agar orientasi proses kuliah dapat diselaraskan dengan baik”, katanya.

Seminar Teknik Bangunan

Untuk menghadapi dunia kerja, menurut Prof Harun tidak hanya butuh keterampilan dan pengetahuan bidang teknik semata. Dirinya mendorong mahasiswa agar melatih kemampuan berkomunikasi. “Berkomunikasilah dengan santun, gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan kuasai bahasa asing” pungkasnya.

Ketua Jurusan Teknik Bangunan mengatakan, selain meningkatkan kemampuan mahasiswa, acara ini juga bertujuan untuk membangun hubungan yang baik antara Unimed dengan pelaku dunia usaha dan industri. Dirinya juga memotivasi mahasiswa untuk semangat menuntut ilmu dan menekuni bidang teknik bangunan.

Acara ini dirangkai dengan penandatanganan MoU dengan dua perusahaan konstruksi. Kerjasama tersebut merupakan langkah awal dalam mempersiapkan peluang kerja bagi lulusan Pendidikan Teknik Bangunan Unimed.