PENGUMUMAN
Musrenbang 2017

Tingkatkan Mutu, Musrenbang Unimed Hadirkan Rektor ITB dan ITS

MEDAN (Unimed) – Unimed gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2017 di Ruang Sidang A Gedung Pusat Administrasi Unimed 6-7 September 2017 dan Parapat 18-20 September 2017. Kegiatan tersebut dibuka pada 6 September 2017 di ruang sidang A Biro Rektor Unimed. Mengundang pemateri dari Rektor ITB Bandung dan Rektor ITS Surabaya.

Hadir pada acara pembukaan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.,para Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Asisten Direktur PPs, Kepala Biro, Kabag Kasubbag dan seluruh fungsionaris di lingkungan Unimed.

Musrenbang Unimed ini digelar dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Musrenbang ini merupakan tahapan awal siklus perencanaan tahunan dan dimaksudkan untuk menetapkan prioritas kebijakan, program dan kegiatan tahun 2018. Kegiatan musyawarah pembangunan ini merupakan salah satu wahana yang efektif untuk menselaraskan perencanaan bottom up dengan perencanaan yang bersifat top down melalui mekanisme manajemen partisipatif. Hal diharapkan mampu menciptakan iklim organisasi yang sehat dikarenakan setiap unit di lingkungan Unimed akan mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya didalam bekerjasama menyusun program dan kegiatan prioritas 2018 dalam rangka pelaksanaan tahun kedua Renstra Unimed 2017-2020.

Musrenbang 2017 2

Tujuan Musrenbang Unimed Tahun 2017 adalah untuk : 1) Menginformasikan prioritas Kebijakan tahun 2017 di bidang (a) Akademik, (b) Tata Kelola, Sumberdaya Manusia,  Aset dan Keuangan, (c) Kemahasiswaan, (d) Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat. 2) Memperoleh bahan masukan awal rencana dan program tahun 2018 melalui Daftar Isian Masalah (DIM) di bidang : (a) Akademik, (b) Tata Kelola, Sumberdaya Manusia,  Aset dan Keuangan, (c) Kemahasiswaan, (d) Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat. 3) Meningkatkan harmonisasi arah kebijakan, program, kegiatan dan anggaran di tingkat universitas dengan seluruh unit di Unimed. 4) Meningkatkan rasa tanggung jawab bersama terhadap pencapaian Visi Misi Tujuan dan Sasaran pada Renstra Unimed 2017-2020. 5) Menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Tahun (RKAT) 2018.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengatakan Musrenbang tahun ini berbeda dan lebih spesial karena mengundang dua rektor terbaik di negeri ini. “Semoga dengan kedatangan mereka dapat memberikan kita inspirasi dan pengalaman baru untuk membangun Unimed menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Musrenbang 2017 3

Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES., Ph.D memaparkan tentang pengembangan karir dosen. Beliau menyampaikan perkembangan teknologi global saat ini mengharuskan setiap dosen melakukan perobahan pola pendidikan di perguruan tinggi. Selain melaksankan Tri dharma perguruan tinggi  pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, para dosen harus berinovasi, berkolaborasi dan melakukan networking serta menerapkan entrepreneur pada pola pendidikannya sehingga dapat tepat guna.

Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi,  DEA, memaparkan tentang trend masa depan pendidikan tinggi. Beliau mengatakan ada lima kunci memajukan pendidikan di Indonesia yaitu ekonomi, demografi, teknologi, sosiologi dan regulasi. Tren pendidikan masa depan akan didominasi IT.

Lanjutnya, “negara maju ditentukan oleh kemajuan ekonominya, kemajuan ekonomi ditentukan oleh kemajuan industrinya, kemajuan industri ditentukan penguasaan energi, penguasaan energi ditentukan oleh teknologi dan teknologi ditentukan oleh kemajuan SDM yang berkualitas”. (Humas Unimed)