PENGUMUMAN
finland

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Unimed Adakan Kuliah Umum Bersama Finland University

Medan – Dalam rangka mewujudkan tujuan unimed dalam menghasilkan lulusan yang dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Indonesia. Unimed mengadakan Kuliah Umum bersama Perwakilan Finland University Dr. Minna Makihonko sebagai dosen tamu.  Kuliah Umum ini dilaksanakan di Ruang VIP lt. 4 Digital Library Unimed pada hari Kamis, 23 Nopember 2017 dengan topik Penilaian Formatif sebagai alat untuk mendidik dan mengajar dan Sistem Pendidikan di Finlandia.

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh puluhan mahasiswa Unimed. Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Direktur I Pascasarjana, ketua jurusan dan dosen di lingkungan Unimed.

Dr. Minna Makihonko dalam paparannya mengatakan penilaian merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Penilaian Formatif mempunyai tujuan untuk memantau pembelajaran siswa guna memberikan umpan balik yang nantinya dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan cara mendidik dan meningkatkan pembelajaran bagi siswa serta juga dapat membantu mengetahui dimana kesulitan siswa dan segera membantu mengatasi masalah tersebut.  Ada 6 kunci elemen yang dilakukan pada penilaian formative yaitu 1. Gunakan metode instruksi yang bervariasi dalam memenuhi kebutuhan siswa, 2. Gunakan pendekatan yang bervariasi untuk menilai pemahaman murid, 3. Terapkan kelas yang mempunyai budaya yang mendorong interaksi. 4. Bentuk tujuan pembelajaran dan melacak kemajuan siswa terhadap tujuan tersebut, 5. Mendata siswa yang aktif dalam proses belajar, 6. Umpan balik ditambah adaptasi terhadap instruksi.

Lanjut Dr. Minna Makihonko menjelaskan mengenai sistem pendidikan di finlandia. “Yang membuat Sistem Pendidikan di Finlandia sukses dikarenakan adanya dukungan untuk pembelajaran dan kesejahteraan anak didik” ujar Dr. Minna Makihonko. Dukungan tersebut dibagi atas tiga katageri yaitu pertama dukungan umum dimana setiap anak didik berhak menerima bimbingan dan dukungan untuk belajar dan bersekolah kedua dukungan intensif dimana anak didik harus diberikan dukungan intensif berdasarkan penilaian pedagogic yang berdasarkan rencana pembelajaran yang dipersiapkan untuk mereka dan yang ketiga adalah dukungan spesial dimana dukungan spesial disediakan bagi anak didik yang tidak dapat secara memadai mencapai pertumbuhan, pengembangan atau pembelajaran mereka melalui tindakan dukungan lainnya. (Humas Unimed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>