PENGUMUMAN
Meja Hijau

Ujian Akhir D3 Teknik Mesin UNIMED Libatkan Penguji Dari USU

MEDAN (Unimed) – Fakultas Teknik Unimed menggelar ujian meja akhir untuk mahasiswa Program Studi D3 Pendidikan Teknik Mesin dengan melibatkan penguji dari luar Unimed yakni dosen ahli dari USU. Kegiatan ujian tersebut di gelar di ruang sidang Fakultas Teknik pada Kamis 2 maret 2017. Dosen ahli penguji dari Universitas Sumatra Utara yaitu Prof. Dr. Eddy Marlianto, M.Sc. dan Reza Fadhila, ST, MT, Ph. D. Sedangkan dosen dari internal Unimed adalah Dr. Lisyanto, M.Si.

Wakil Dekan 1 FT Dr. Rosnelli, M.Pd. menyampaikan tujuan memanggil dosen penguji dari luar Unimed adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kopetensi mahasiswa dalam penguasaan teknik otomotif khususnya, dan kedepannya D3 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik juga akan mengundang  penguji dan pengajar dari dunia usaha dan industri. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi mahasiswa untuk lebih siap bersaing di dunia kerja.

Meja Hijau 2

Lanjut Dr. Rosnelli, kegiatan ujian dengan melibatkan penguji ahli dari luar Unimed dan praktisi dunia usaha/industri akan kita tingkatkan pada program studi lainnya. Di fakultas teknik ada Prodi Tata Boga, Tata Busana, Teknik Bangunan, Teknis Sipil, semua Prodi tersebut akan kita upayakan melibatkan tim ahli profesional sebagai upaya mendekatkan mahasiswa dengan dunia usaha/industri. Tidak hanya dalam ujian akhir saja, kita sebenarnya sudah beberapa kali melibatkan dunia usaha/industri dalam kegiatan perkuliahan. Kami sekarang sedang merancang akan menghadirkan kembali tim ahli profesional tersebut dalam aktivitas perkuliahan baik teori dan praktek. Semoga upaya ini dapat mempersiapkan lulusan kita memiliki daya saing yang baik untuk lebih siap menghadapi pasar besar MEA.

Salah seorang dosen penguji USU Prof. Dr. Eddy Marlianto, M.Sc, setelah menguji mahasiswa Prodi D3 Pendidikan Teknik Mesin mengatakan, kompetensi dan skill mahasiswa yang ikut ujian akhir ini sangat baik dan menurut kami kualitasnya di atas standar. Hal ini menurut kami proses perkuliahan di Prodi D3  Pendidikan Teknik Mesin sudah sangat baik, karena mahasiswa yang ujian akhir ini merupakan hasil proses perkuliahan di kelas. Saya yakin lulusan D3 Pendidikan Teknik Mesin FT Unimed dapat bersaing di dunia kerja, baik sebagai guru dan dunia usaha/industri.

Salah seorang mahasiswa yang  mengikuti ujian akhir Khairuddin, mengatakan ini merupakan tantangan tersendiri bagi kami yang di uji, karena sebelumnya belum pernah dilakukan pada mahasiswa-mahasiswa lainnya. Walau pada awalnya ada rasa tidak percaya diri pada kami. Namun dari masukan bapak-bapak dosen pembimbing tugas akhir dan dosen pembimbing akademik, kami bersedia untuk di uji oleh dosen ahli dari USU. Semoga ini menjadi semangat baru bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir untuk lebih mempersiapkan diri dan terus belajar. Kami sangat setuju dengan melibatkan dosen luar dalam ujian tugas akhir, karena menjadi pembuktian bahwa alumni D3 pendidikan Teknik Mesin FT Unimed sudah memiliki kompetensi cukup untuk bersaing di dunia kerja. (Humas Unimed)