PENGUMUMAN
SBMPTN

Ujian SBMPTN Panlok 14 Medan Di Ikuti 57.978 Siswa

MEDAN – Ada 4 PTN yang tergabung dalam Panlok 14 Medan, yakni Unimed, USU, Unsam dan UIN-SU. Tahun 2017 ini yang menjadi panitia pelaksananya adalah Universitas Negeri Medan, setelah sebelumnya tahun 2016 adalah USU. Ujian SBMPTN di Panlok 14 Medan yang berlangsung secara serentak pada 16 Mei 2017 berjalan dengan lancar dan aman, hingga usai ujian tidak ada permasalahan yang menghambat proses berjalannya ujian tersebut. Peserta ujian  di Panlok 14 Medan tercatak menjadi peserta terbanyak kedua secara nasional setelah Panlok Jakarta. Ada sebanyak 57.978 peserta mengikuti ujian tulis SBMPTN di Panlok 14 Medan. Jumlah peserta tersebut terbagi kedalam 3 sektor yakni Sektor Saintek 24.760, Soshum 20.916 dan Campuran 12.302. bentuk ujian terbagi kedalah dua bentuk yakni Papaer Base Test (PBT) dan Computer Base Test (CBT). Untuk CBT ada 840 yang mengikuti ujian tersebut yang tersebar kedalam 480 di Unimed, 260 di USU dan 100 di Unsam. Sedangkan ujian PBT diikuti oleh 57.978 dengan 73 lokasi yang tersebar di sekitaran kampus Unimed dan USU.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dan Rektor USU Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum, beserta panitia inti dari Unimed dan USU pada pagi hari pukul 08.00 Wib melakukan kunjungan proses pelaksanaan ujian CBT dan PBT di Fakultas Ekonomi dan Kedokteran USU, kemudian Politeknik Negeri Medan, selanjutnya ke kampus Yayasan Pendidikan Harapan dan ditutup ke kampus Unimed.

SBMPTN 2017

Prof. Syawal Gultom, selaku penanggungjawan Panlok 14 Medan di depan awak media mengatakan, alhamdulilah proses ujian PBT dan CPT di Panlok 14 Medan berjalan dengan aman dan sukses. Kita sama-sama telah saksikan dari hasil peninjauan bersama tidak kita dapatkan persamalahan dalam proses ujian, artinya ujian di panlok 14 Medan berjalan dengan baik. Ini tentu hasil kerja keras seluruh panitia dari Unimed dan USU. Walau dari data statistik panitia pusat, peserta ujian SBMPTN secara nasional, di Panlok Medan itu terbanyak kedua setelah Jakarta. Jika tahun lalu kita Sumatera Utara pada urutan keempat. Data ini menjelaskan bahwa masyarakat Sumatera Utara memiliki semangat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan tinggi untuk menggapai cita-cita para putra/putrinya.

SBMPTN 2017 2

Sementara Prof. Runtung, yang juga sebagai penganggungjawan Panlok 14 Medan berujar, kita bersyukur ujian SBMPTN di Medan berjalan dengan tertib dan aman. Persiapan dan kerja keras panitia telah membuahkan hasil manis, sesuai yang kita pantau langsung. Ujian SBMPTN ini merupakan program nasional dan menjadi tugas rutin bagi kami PTN. Belajar dari pengalaman dan kerja keras seluruh panitia telah menghasilkan bahwa ujian SBMPTN ini berjalan dengan sukses.

Di Panlok 14 Medan ada 13 peserta berkebutuhan khusus yang terdiri dari 6 peserta tuna rungu, 4 peserta tuna daksa dan 3 peserta tuna netra. Panitia telah memberikan pelayanan terbaik bagi peserta disabilitas tersebut dalam mengikuti ujian SBMPTN di Panlok 14 Medan.

Sementara menurut Prof. Abdul Hamid K, kami menghimbau bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan agar mengikuti ujian keterampilan di Unimed yang bertempat di FBS untuk bidang Seni dan Stadion Unimed untuk bidang olahraga. Panitia ujian keterampilan telah mempersiapkan dengan baik agar ujian dapat berjalan dengan baik. Ujian keterampilan bidang ilmu keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik. Ujian keterampilan akan dimulai pada 17 mei 2017 dan/atau 18 mei 2017. (Humas Unimed).