PENGUMUMAN
Kreatif

UKM Persma Kreatif Unimed Raih Bronze Winner ISPRIMA 2017

Jakarta – UKM Pers Mahasiswa Kreatif Unimed raih penghargaan Bronze Winner dari ISPRIMA 2017, kategori cover majalah pers kampus se-Indonesia. Penganugerahan penghargaan tersebut digelar oleh Serikat Perusahaan Pers Indonesia (SPS) di Hotel Millenium Sirih Jakarta (3/2). Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Mohammad Syarif Bando.

Kompetisi ini merupakan wahana mengukur pencapaian karya jurnalistik media cetak melalui kerja-kerja yang inovatif dan menginspirasi. Sebanyak 792 sampul muka (cover) suratkabar, majalah, tabloid serta rubrik anak muda seluruh Indonesia berpartisipasi dalam Ajang tahunan Serikat Perusahaan Pers (SPS) bertajuk Indonesia Print Media Awards (IPMA), Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA), dan Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA) 2017.

Dewan juri terdiri dari Ndang Sutisna (Ide kreatif pada IPMA, IYRA, dan InMA), Oscar Motuloh (Foto jurnalistik untuk IPMA dan IYRA), Nina Armando (Komunikasi massa untuk IPMA, IYRA, dan InMA). Kemudian Ika Sastrosoebroto (Kepiaran untuk InMA), Suharjo Nugroho (Branding untuk IPMA, IYRA, dan InMA), Danu Kusworo (Foto jurnalistik untuk InMA dan ISPRIMA), Nasihin Masha (Jurnalistik untuk ISPRIMA), dan Asmono Wikan (Ide kreatif dan desain untuk ISPRIMA dan InMA). Mereka menilai 792 entri cover dan rubrik yang datang dari 118 media cetak seluruh Indonesia, 48 Korporasi dan Lembaga serta 30 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia.

SPS juga memberikan penghargaan kepada 14 Tokoh Pers berusia 70 tahun keatas yang dipandang telah berjasa dan berkontribusi nyata bagi pertumbuhan dan perkembangan industri media cetak nasional dan asosiasi. Turut hadir tokoh-tokoh penting seperti Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Direktur Eksekutif SPS Asmono Wikandan Kepala Perpustakaan Nasional Mohammad Syarif Bando.

Direktur Eksekutif SPS Asmono mengapresiasi cover-cover peserta yang berhasil memikat perhatian dewan juri. Bahkan pada kategori ISPRIMA untuk pers mahasiswa bermunculan ide-ide kreatif yang di luar ekspektasi para juri.

Pemimpin Umum UKM Pers Mahasiswa Kreatif  Mangara mengatakan penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi dari hasil kerja keras rekan-rekan kru dan pembuktian bahwa Lembaga pers mahasiswa dari kota medan terkhusus Pers mahasiswa unimed bisa bersaing di event nasional seperti ini. Pembuatan cover majalah yang berkualitas dan menarik merupakan salah satu cara kita untuk menarik minat pembaca. Tentu kedepannya kita akan terus mempertahankan kualitas ini dan terus bekerja keras meningkatkan kualitas konten majalah dan semakin menarik minat mahasiswa dalam membangkitkan kembali budaya membaca dikalangan mahasiswa serta mengajak mahasiswa untuk peduli akan perkembangan yang terjadi di lingkungan kampusnya sendiri.

Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dikantornya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diterima oleh Persma Kreatif Unimed. Saya berharap prestasi ini dapat mendorong semangat Persma Kreatif untuk lebih meningkatkan kreativitas dan inovasinya menjadi media mahasiswa yang siap menjadi corong mahasiswa Unimed dalam menyampaikan informasi yang aktual. Selain itu, mahasiswa yang bersatu dalam Persma Kreatif Unimed dalam mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia kerja bidang media. Kami pimpinan dan seluruh civitas menyampaikan selamat dan sukses atas prestasi yang diraih, semoga terus berkarya untuk kemajuan Unimed. (Humas Unimed)