PENGUMUMAN
ed

UKMI Ar-Rahman FE Unimed bersama Wakil Dekan III FE Gelar ECD 2017

Medan (Unimed) – UKMI Ar-Rahman Fakultas Ekonomi bekerjasama dengan Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi menggelar Economic Creativities Day. Acara dilaksanakan pada Selasa, 17 Oktober 2017 bertempat di Aula Fakultas Ekonomi. Acara ini berupa workshop penulisan PKM dan mengusung tema “Let’s be Creative and Show Your Move”. Tujuannya agar meningkatkan daya minat mahasiswa untuk menulis PKM dengan kreativitas yang mereka miliki.

“Economic Creativities Day 2017 merupakan acara yang diselenggarakan oleh Wakil Dekan III bekerjasama dengan UKMI Ar-Rahman FE yang bertujuan untuk mensosialisasikan dan melatih mahasiswa Fakultas Ekonomi dalam bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)”, ujar Fadli Agus Triansyah selaku ketua pelaksana dalam sambutannya. Beliau juga mengatakan bahwa awalnya ECD hanya diperuntukkan kepada mahasiswa FE saja, namun karena tingginya antusias mahasiswa Unimed dari fakultas lain untuk menghadiri workshop ini, kami mempersilahkan untuk mengikutinya. Panitia menghadirkan pemateri yakni Yulia Mahyundari, mahasiswi Unimed yang pada Agustus 2017 kemarin merupakan peserta PIMNAS di Makassar. Diharapkan peserta dapat termotivasi dengan prestasi yang telah dicapai pemateri.

Dalam acara yang dihadiri lebih dari 60 peserta ini di buka langsung oleh Wakil Dekan III FE, Drs. Johnson, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pihak Unimed akan membuat PIM (Pekan Ilmiah Mahasiswa) Unimed, yaitu seleksi PKM di Tingkat Universitas sebelum proposal dikirimkan ke PIMNAS. Hal ini bertujuan untuk mempermudah penyeleksian PKM di Unimed serta untuk menumbuhkan motivasi mahasiswa Unimed agar mau berkarya dan berjuang untuk seleksi PKM ini. “Sebenarnya ide PKM bisa didapatkan dari sekeliling kita, sebagai contoh produk daun ubi tumbuk yang di peyek. Jika selama ini sudah dibuat dan memiliki pemasaran yang bagus, tidak ada salahnya jika dituangkan dalam bentuk PKM. Output dari ECD 2017 ini diharapkan mampu mengajukan minimal 30 judul proposal PKM,” ungkap beliau.

Dalam sambutannya, Perkasa Rambe selaku Koordinator UKMI Ar-Rahman FE mengatakan bahwa salah satu syarat untuk mengajukan beasiswa PPA dan beberapa beasiswa lainnya adalah PKM. Beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan motivasi para peserta serta meningkatkan keaktifan dalam bidang karya tulis, terutama PKM.

Melalui materi “Motivasi Menulis” yang disampaikan oleh Yulia Mahyundari, beliau mendorong kepada seluruh peserta untuk gemar menulis, baik itu karya bebas maupun karya tulis ilmiah. Beliau juga berbagi pengalamannya selama proses penulisan PKM hingga tim nya menjadi peserta pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-30 mewakili kampus Unimed dari 1845 mahasiswa dan 89 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia.

Ahmad Zopi, salah seorang mahasiswa FE yang mengikuti workshop ini, mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan motivasi untuk berani memulai menulis dan mengembangkan ide-ide kreatif dalam sebuah PKM. “Acaranya sangat bagus. Kami diberikan panduan penulisan PKM, contoh-contoh PKM dan juga follow-up bimbingan kepada tim yang membuat PKM. Paparan yang disampaikan pemateri juga memicu saya untuk semangat menulis. Saya berharap UKMI ataupun pihak Birokrasi dapat menyelenggarakan kegiatan seperti ini lagi,” ujarnya. (Humas Unimed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>