PENGUMUMAN
UKMI Ar-Rahman tanam 2000pohon

UKMI Ar-Rahman Unimed & DISHUT Provsu Tanam 2000 Pohon Mangrove

Deli Serdang – Relawan Kampus Hijau UKM Islam Ar-Rahman Unimed bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan bersama untuk yang pertama kali dalam Penanaman 2000 pohon mangrove di Dusun Paloh Merbau, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Pohon Sedunia Tahun 2016.Penanaman pohon mangrove bersama ini berawal dari pemikiran kader – kader UKMI Ar-Rahman Unimed yang tergabung dalam Depatemen Ekternal Kampus untuk melaksanakan kegiatan yang bersifat pengabdian kepada masyarakat dan alam. Maka, tercetuslah sebuah gagasan dan semangat untuk menanam kembali pohon di alam Indonesia yang membutuhkan perhatian masyarakat. Relawan UKMI Ar-Rahman di pimpin oleh Dani Frisky, Sekretaris Lagi Yanti dan Kordinator Lapangan Adi Syahputra Nasution, Abdul Ramadhani, Abdurrahim, Parmonangan Nasution, Tiamana Daulay, Dwi Anggaraini Tarigan dan Sri Suci Ramadhani serta dibawah pembinaan Ketua Umum UKMI Ar-Rahman Muhammad Rahman.

Penanaman 2000 Pohon Mangrove di Dusun Paloh Merbau diawali dengan pencarian donator untuk menyumbang bibit mangrove dalam bentuk proposal yang diberikan kepada Dinas kehutanan Provinsi Sumatera Utara.Hal positif didapatkan oleh Relawan Kampus Hijau dengan diberikannya 2000 bibit pohon mangrove siap tanam. Dengan adanya bibit tersebut maka rencana selanjutnya yaitu penanaman mangrove yang dilaksanakan pada hari minggu, 20 November 2016  diDusun Paloh Merbau DesaTanjungRejo.

Keberangakatandari Unimed ke TanjungRejomulaidari jam 09.00 Wib dengan mengendari sebuahmobil Pick Up yang mengangkut seluruh relawan dan barang-barang keperluan dalam penanaman. Sekitar 50 menit jarak tempuh perjalanan namun dikarenakan jalan menuju tempat penanaman Mangrove kurang baik karena banyak rusak, maka terjadi keterlambatan sehingga sampai pada jam 11.00 Wib

Setelah opening Ceremony, dan pembagian kelompok penanaman maka Relawan Kampus Hijau langsung beraksi dengan mengambil bibit dari pembibitan yang tidak jauh dari lokasi pantai penanaman mangrove. Antusias para relawan terlihat dan bekerjasama dalam penanaman pohon mangrove dengan menanam pohonnya harus tegak berdiri dan diberi penyangga agar kuat di terpa olehombak air pasang laut. Kegiatan penanaman berakhir sampai pukul 15.30 Wib serta penutupan acara dan kembali lagi ke kampus Unimed.

Sebelum pulang relawan memberikan cenderamata untuk petugas pantai yaitu bapak Syamsul sebagai uncapan terimakasih karena telah memandu perjalanan ke Dusun Paloh Merbau dan memberikan arahan dalam penanaman mangrove yang di wakili oleh orang tua beliau disebabkan beliau tidak hadir ketika penutupan acara.Dan beliau berpesan “kalian sebagai mahasiswa Unimed harus melestarikan pantai ini karena sudah beberapa tahun pantai ini di bebaskan lahan oleh pemerintah. Pantai ini hanya seperti ini saja tidak ada perubahan dan kami selaku pengelola pantai siap membantu adik-adik sekalian untuk setiap agenda yang kalian buat di tempat ini”

Sejalan dengan kegiatan ini, ditempat terpisah Pembina Relawan sekaligus KetuaUmum UKMI Ar-Rahman UNIMED menyampaikan “dakwah kita tidak harus terfokus dikampus saja, atau fokus dalam bentuk pesan-pesan kebaikan saja. Akan tetapi penanaman pohon di alam terbuka dalam menahan abrasi air laut ini juga merupakan dakwah nyata untuk masyarakat. Melalui penanaman pohon ini tentu akan bermanfaat baik bagi keberlangsungan hidup nyaman masyarakat sekitar pantai.

Di akhir kegiatan Koordinator Lapangan Relawan berpesan“ Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua pihak dan semoga seluruh relawan memiliki ghirah atau semangat untuk melestarikan alam Indonesia ini. Ingatlah mahasiswa itu adalah Iron Stok and Directur Of Change” (Humas Unimed).