PENGUMUMAN
Olimpiade Lingkungan Hidup

UNIMED Adakan Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup 2015

Pusat Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Universitas Negeri Medan (Pusdip KLH-UNIMED) melakukan kegiatan yang luar biasa yakni Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat Propinsi Sumatera Utara yang ke-5. Kegiatan ini merupakan suatu program yang menunjang Program Utama UNIMED yaitu “Peningkatan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”. Penyelenggaraan tahun ini merupakan terobosan baru dalam usaha untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran anak didik terhadap permasalahan lingkungan hidup diwilayah Provinsi Sumatera Utara. Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup ini diikuti oleh siswa/siswi dari Tingkat SD/MI ; Tingkat SMP/M.Ts; dan Tingkat SMA/SMK/MA di Propinsi Sumatera Utara. Pelaksanaan olimpiade ini didukung oleh Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara dan Bimbingan Belajar Adzkia.

Penyelenggaraan Olimpiade merupakan upaya Pusdip KLH UNIMED untuk mendorong agar sekolah-sekolah di Propinsi Sumatera Utara dari Tingkat SD, SMP dan SMA dapat mengembangkan kurikulum pendidikannya berbasis lingkungan dan mengintegrasikan pendidilkan lingkungan hidup dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Pusat Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Universitas Negeri Medan (Pusdip KLH-UNIMED) merupakan salah satu pusat studi yang dimiliki oleh Universitas Negeri Medan sejak tahun 1990. Visi Pusdip KLH – UNIMED adalah : ”Terwujudnya pusat studi pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup yang handal dan proaktif, serta berperan dalam pengembangan pendidikan dan pengendalian kependudukan serta pelestarian lingkungan hidup.”

Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M. Pd. dalam sambutan dipembukaan acara mengatakan bahwa kegiatan ini cukup inspiratif dan mudah-mudahan dapat menjadi wahana bagi pembentukan karakter siswa/siswi di Sumatera Utara untuk mencintai lingkungan. Lingkungan harus dijadikan media dalam pembelajaran di sekolah, karena lingkungan satu bentuk konkrit alami yang dekat dengan siswa. Saya juga berharap agar seluruh sekolah di Sumatera Utara dapat membentuk lingkungan hidup di sekitar sekolah agar dapat dijadikan media belajar, sekaligus media perangsang hidup sehat. Kami Unimed dengan kemampuan kami akan selalu berbuat untuk kemajuan peningkatan kualitas pendidikan di Sumatera Utara dan mendorong terciptanya lingkungan hidup sekolah yang nyaman dan mensejahterakan.

Ketua Panitia Dr. Mufti Sudibyo, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Sumatera Utara ini bertujuan mensosialisasi pengetahuan lingkungan hidup melalui tingkat pemahaman berdasarkan uji kompetensi secara tertulis dan lisan. Sedangkan manfaatnya yakni : a) anak didik (siswa) meningkatkan kesadaran dan kepedulian pentingnya cinta terhadap lingkungan hidup. b) merubah perilaku anak didik agar tertanam dalam jiwa raganya menjadi insan yang peduli terhadap lingkungan hidup. c) pemerintah Daerah Propinsi Sumatera Utara dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Propinsi Sumatera Utara.

Kegiatan Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat Propinsi Sumatera Utara yang ke-5 ini diikuti oleh 1065 peserta dengan rincian untuk tingkat SD/MI diikuti 170 siswa dari 32 sekolah. Untuk tingkat SMP/MTs diikuti 318 siswa yang berasal dari 53 sekolah dan untuk tingkat SMA/MA/SMK  diikuti oleh 577 siswa dari 46 sekolah di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Pemenang untuk tingkat SD/MI yakni : Jesse E Manihuruk dari SD Swasta Santo Mikail Samosir, Juara 2 : Dominikus S dari SD Swasta Santo Mikail Samosir, Juara 3 : Aditiya Gunawan dari SDN 105855 PTN II Tanjung Morawa. Untuk pemenang Harapan 1 : T. Jihan Fadilah dari SDN 105855 PTN II Tanjung Morawa, Harapan 2 : Jesselin dari SD Swasta Cinta Budaya dan Harapan 3 : Muhammad Alvi Azma dari SDN Percobaan Medan Baru. Juara umum untuk tingkat SD yakni SD Swasta Santo Mikail Samosir

Pemenang untuk tingkat SMP/MTs yakni : Juara 1 : Nazlya R. Susanto dari SMPN 20 Medan, Juara 2 : Samuel P Tamba dari SMP Budi Dharma Balige, Juara 3 : Kamila dari SMP Al Ulum terpadu Medan, Harapan 1 : Fatih Mubarak dari MTsN 1 Medan, Harapan 2 : Faris Habibi dari SMPN Hamparan Perak, Harapan 3 : Dewita dari SMPN 1 Sei Suka. Juara umum untuk tingkat SMP/MTs yakni SMPN 20 Medan.

Pemenang untuk tingkat SMA/MA/SMK yakni : Juara 1 : Dafa Habibi Nasution dari SMAN 1 Tebing Tinggi, Juara 2 : Frezto S A Sinurat dari SMAN II Balige, Juara 3 : Astrid Cindy AP dari SMAN II Balige, Harapan 1 : M. Yamin Lubis dari SMA CT Foundation, Harapan 2 : M. Ishlah Alfasyah dari SMA CT Foundation, Harapan 3 : Yazid Al Hafizh dari SMAN 1 Medan. Juara umum untuk tingkat SMA/MA/SMK yakni : SMAN 2 Balige.

Hadiah yang diberikan kepada para pemenang Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup  untuk Juara 1, 2 dan 3 tingkat SD, SMP, dan SMA berupa piala,  uang tunai  untuk juara I masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar  Rp. 2.000.000.000,-, juara 2 sebesar Rp. 1.500.000,-, , dan juara 3 sebesar Rp. 1.000.000,-. dan vucer bimbingan belajar dari Adzkia sebesar Rp. 500. 000,-. Untuk Juara harapan I, 2 dan 3 masing-masing tingkat SD, SMP dan SMA mendapatkan voucher bimbingan belajar dari Adzkia sebesar  Rp. 500.000,-. (Humas Unimed).