PENGUMUMAN
Konselor Sebaya

UNIMED Akan Terapkan Bimbingan Konseling Online Bagi Mahasiswa

Medan (Unimed) – Unit Pelayanan Bimbingan Konseling (UPBK) Unimed melatih 150 mahasiswa yang akan di kader menjadi Konselor Sebaya. Mereka akan dijadikan tim khusus dalam memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa Unimed yang mengalami masalah akademik dan masalah kehidupannya selama studi di Unimed. Pelayanan akan diberikan secara langsung tatap muka maupun pelayanan online yang baru digagas oleh UPBK. Kegiatan pelatihan konselor sebaya ini digelar pada 28-29 September 2016 di gedung VIP Serbaguna Unimed. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, turut hadir Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Ketua UPBK Prof. Dr. Abdul Munir, M.Pd, dan peserta 150 mahasiswa perwakilan dari setiap program studi dilingkungan Unimed 5 orang.

Kegiatan pelatihan konselor sebaya akan dilakukan selama dua hari dalam bentuk bimbingan terprogram. Proses akan lebih dominan diarahkan pembentukan karakter pelatih dan melengkapi kompetensi yang diharapkan sehingga akan memberikan pelayanan konseling bagi mahasiswa sebaik-baiknya.

Narasumber pelatihan Konselor Sebaya ini adalah : a) Prof. Dr. Asih Menanti, S.Psi, MS, (materi ; keterampilan pemahaman diri), b) Dra. Pastiria Sembiring, M.Pd. Kons, (materi ; keterampilan pemahaman perasaan), c) Dr. Nuraini, MS, dan Dra. Zuraida Lubis, M.Pd. Kons. (materi ; keterampilan berkomunikasi), d) Dra. Nur Anjani, M.Pd, (materi ; keterampilan pemahaman perasaan), e) Dra. Rahmulyani, M.Pd, (materi ; konseling).

pelatihan konseling

Prof. Syawal Gultom, dalam arahannya mengungkapkan aspirasi baik pada UPBK Unimed atas inisiasi melatih konselor sebaya yang akan memberikan pelayanan terbaik dalam menyelesaikan masalah akademik dan pribadi mahasiswa selama studi di kampus hijau Unimed. Kemudian UPBK juga akan memberikan layanan bimbingan konseling secara online. Ini merupakan kegiatan yang harus kita dukung karena sejalan dengan motto Unimed yakni The Character Building University. Melalui kegiatan dan rancangan bimbingan konseling online, kita berharap akan mendukung pembentukan karakter mahasiswa. Para mahasiswa yang dilatih menjadi konselor sebaya, akan jadi teladan dalam belajar dan bersikap selama studi di Unimed. Mereka juga diharapkan dapat membantu permasalahan akademik mahasiswa.

Lanjut Prof. Syawal, rancangan bimbingan secara online dalam segera dijujudkan secepatnya, karena di era sekarang mahasiswa sangat dekat dengan IT/ICT dalam segala aktivitas kehidupannya. Jika sudah ada bimbingan konseling online, akan memberikan ruang baru bagi mahasiswa untuk mendapatkan bimbingan atas permasalahan yang mereka alami dalam studi. Selama ada UPBK, mungkin sangat minim mahasiswa yang mau memanfaatkan fasilitas layanan tersebut. Semoga dengan adanya bimbingan konseling online dapat berdampak positif bagi peningkatan kualitas belajar dan prestasi mahasiswa Unimed.

Sementara ketua UPBK Prof. Abdul Munir, mengatakan, dalam meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa untuk memberikan layanan konseling, kita terdorong untuk berkreasi dalam bentuk pelayanan terbaru, yakni mengefisienkan konselor sebaya dan membentuk kenseling online. Atas dasar itu kita akan melatih para calon konselor sebaya yang merupakan perwakilan setiap program studi dan memberikan pelayanan konseling online. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan akan mengefektifkan serta mengefisienkan proses pelayanan konseling bagi mahasiswa Unimed, sampai berdampak pada peningkatan prestasi dan perubahan pola belajar yang unggul. (Humas Unimed).