PENGUMUMAN
SKP

UNIMED Akan Terapkan Penilaian Prestasi Kerja PNS Berbasis Web

Medan – Pimpinan Unimed melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan dan Penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahun 2016 pada senin, 28 Desember 2015 di ruang sidang A Biro Rektor. Kegiatan ini merupakan upaya melaksanakan Penilaian Prestasi Kerja PNS di Tahun 2015 selama setahun melaksanakan tugas layanan akademik dan merencanakan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahun 2016. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, didampingi Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc, Ph.D, sebagai peserta yakni para Dekan, Direktur, Kepala Biro, Ketua Lembaga/Unit, Wakil Dekan, Wakil Direktur, Ketua Jurusan dan Ketua Prodi dilingkungan Unimed.

Pemateri dalam FGD ini adalah Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom yang menyampaikan Penilaian Prestasi Kerja PNS, Wakil Rektor I Prof. Hamid menyampaikan materi Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahun 2016 bagi Dosen Unimed, Wakil Rektor II Dr. Restu, menyampaikan materi Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai Tenaga Kependidikan Unimed, dan Ketua SPI Muhammad Ishak menyampaikan materi Monitoring dan Evaluasi SKP 2016 dilingkungan Unimed. Penilaian prestasi kerja bagi PNS dilingkungan Unimed akan diterapkan bagi seluruh dosen yang berjumlah 988 orang dan pegawai 372 orang.

SKP 2

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam paparannya mengungkapkan bahwa proses penilaian prestasi kerja bagi PNS merupakan suatu keharusan karena aturan dan acuannya sudah jelas yakni undang-undang nomor 43 tahun 1999 dan peraturan pemerintah nomor 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja PNS. Penilaian prestasi kerja PNS ini dilakukan agar lebih kompetitif, semua pegawai memiliki motivasi kerja dalam mencapai tujuan atau target capaian yang diperoleh dan sistem karir. Selain itu juga agar menjadi bagian dari pembinaan PNS yang tidak sesuai dengan rancangan kerja yang telah ditargetkan.

Lanjut Prof. Syawal, acuan penilaian yang akan dilakukan dilingkungan Unimed akan terbagi kepada dua komponen yakni 60 % tentang kuantitas, kualitas, waktu dan biaya. Sedangkan 40 % nya terkait tentang perilaku kerja yakni ; orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama dan kepemimpinan. Kedua komponen tersebut nilainya dalam skala 100. Penilaian ini kita akan lakukan kepada semua dosen dan pegawai dilingkungan Unimed, karena penilaian ini merupakan satu keharusan dan nantinya akan kita jadikan sebagai acuan dalam pemberian tunjangan dan lain sebagainya.

Terkait sistem penilaian prestasi kerja PNS ini kita sudah diskusikan dengan pimpinan dan tim sedang merancang agar di tahun 2016 sistemnya sudah bisa berbasis web. Saya berkeinginan rancangan ini akan dapat memudahkan kita dalam melakukan penilaian prestasi kerja berbasis komputer. Tidak hanya memudahkan semua dosen dan pegawai dalam menginput semua dokumen yang dibutuhkan, juga memudahkan atasan dalam melakukan penilaian yang sudah bertahun-tahun masih menggunakan dokumen manual, seperti yang selama ini dalam melakukan penilaian PNS yakni DP3. Saya yakin jika kita mau dan patuh pada kebijakan pimpinan yang telah diambil, maka tidak ada satupun yang tidak mampu dalam melaksanakan aturan nantinya. Semoga rencana baik dalam penilaian prestasi kerja berbasis web di tahun 2016 nantinya dapat kita laksanakan dengan hasil terbaik untuk kemajuan Unimed. (Humas Unimed).