PENGUMUMAN
Akreditasi Unimed

UNIMED Akan Tingkatkan Akreditasi Institusi & Prodi

Medan – Universitas Negeri Medan (UNIMED) akan meningkatkan akreditasi institusi dan prodi. Bagi prodi yang masih memiliki akreditasi B akan ditingkatkan menjadi A, sedangkan bagi yang sudah terakreditasi A akan dipertahankan dari segi akreditasi dan akan ditingkatkan kualitasnya sesuai perkembangan ilmu pengetahuan. Hal tersebut terungkap dalam workshop penyegaran penyusunan evaluasi diri dan borang akreditasi prodi di lingkungan Unimed. Workshop ini berlangsung di Ruang Sidang A, Biro Rektor Unimed, Jumat (2/10/2015).

Acara pembentukan tim akreditasi dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Hadir Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., Dekan FIP Dr. Nasrun, M.S., Dekan FE Prof. Indra Maipita, Ph.D, Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd., dan Dekan FMIPA Prof. Motlan, Ph.D. Hadir pula para Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, Sekretaris Jurusan, dan beberapa orang dosen prodi yang akan berakhir masa akreditasinya pada 2016 mendatang.

Unimed mempunyai dosen-dosen yang menjadi asesor dan berkiprah secara nasional. Prof. Syawal Gultom berharap agar asesor internal tersebut diberdayakan dan diundang untuk memberikan pemahaman dan masukan terkait strategi penyusunan borang dan dokumennya kepada tim akreditasi masing-masing prodi dalam penyusunan borang nantinya. “Unimed itu punya asesor yang berkiprah kemana-mana. Undang lah itu perlu kita berdayakan, kan tidak bagus juga mereka dimanfaatkan oleh luar, sementara kita tidak berdayakan untuk kebaikan institusi kita dalam meraih akreditasi terbaik yaitu A”, ujar Prof Syawal.

Asesor tersebut akan membimbing, mengarahkan dan meriview borang akreditasi prodi sebelum diserahkan ke BAN-PT. “Jika borang yang akan diserahkan itu menurut asesor kita belum bagus, maka diulang lagi, sampai dirasa sudah bagus baru diserahkan ke BAN-PT”, lanjut Prof. Syawal.

Menyoal akreditasi institusi Unimed yang B, Prof Syawal berharap kita akan ditingkatkan menjadi A, karena beberapa komponen kita sudah layak memperoleh A, tinggal beberapa komponen lagi kita perbaiki, saya yakin akreditasi institusi A akan kita raih nantinya. Menurutnya, Unimed punya kapasitas untuk terakreditasi A. Ini dapat dilihat dari beberapa universitas yang kualitasnya secara kasat mata dibawah Unimed, namun secara akreditasi sama dengan Unimed.

Seperti diketahui, hanya tersisa satu prodi yang masih terakreditasi C di Unimed. Prodi tersebut akan didorong untuk reakreditasi untuk meningkatkan kualitasnya. Sedangkan prodi yang akan berakhir masa akreditasinya pada 2016 adalah: Pendidikan Sejarah (Akreditasi A), Pendidikan Luar Sekolah (Akreditasi B), Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi A), Pendidikan Bahasa Prancis (Akreditasi B), Pendidikan Bahasa Jerman (Akreditasi B), Pendidikan Seni Rupa (Akreditasi B), Sastra Inggris (Akreditasi B), PPKN (Akreditasi B), Pendidikan Ekonomi (Akreditasi A), Pendidikan Akuntansi (Akreditasi A), Pendidikan Antropologi (Akreditasi B), Pendidikan Matematika (Akreditasi B), Pendidikan Fisika (Akreditasi B), Pendidikan Kimia (Akreditasi B), Pendidikan Biologi (Akreditasi B), Pendidikan Teknik Mesin (Akreditasi A), Pendidikan Teknik Bangunan (Akreditasi B), D3 Teknik Mesin (Akreditasi B), PJKR (Akreditasi A), PKO (Akreditasi A), dan IKOR (Akreditasi B). (Humas Unimed).